Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik Sepeda Motor Tanpa Pakai Helm, PM Kamboja Bayar Denda Tilang

Kompas.com - 24/06/2016, 14:25 WIB

PHNOM PENH, KOMPAS.com -  Perdana Menteri Kamboja, Samdech Techo Hun Sen, pada Jumat (24/6/2016), membayar denda kepada kepolisian lalu lintas.

Hal itu karena PM Hun Sen tidak memakai helm saat mengendarai motor pekan lalu di Provinsi, Koh Kong, Kamboja barat daya.

Jumat pagi tadi, PM Hun Sen mengendarai sepeda motor dengan mengenakan helm.

Dia melaju dari tempat tinggalnya di dekat monumen kemerdekaan di Phnom Penh ke sebuah pos polisi, yang berjarak 500 meter dari rumahnya. Di sana ia membayar denda bukti tilang.

Lembaran tilang lalu lintas bertanggal 18 Juni dikeluarkan oleh Letnan Satu Sun Nem, petugas polisi lalu lintas di distrik Sre Ambel, Provinsi Koh Kong.

Menurut Sun Nem, ia melihat ada satu pengendara motor bernama Hun Sen yang melanggar Undang-Undang Lalu Lintas Pasal 6.

Polisi lalu lintas itu kemudian menjatuhkan denda kepada si pelanggar tersebut sebesar 15.000 riel atau sekitar Rp 50.000.

Ketika berbicara kepada media setelah membayar uang tilang, PM Hun Sen mengatakan hukum tidak boleh membedakan siapa yang melanggarnya.

Sekalipun pelanggar itu seorang perdana menteri atau para anggota parlemen.

"(Kita) tidak boleh mnggunakan hak-hak kekebalan sebagai perdana menteri atau anggota parlemen untuk berlindung dari kesalahan yang kita perbuat," ujarnya.

"Menghormati UU Lalu Lintas berarti bahwa kita menghormati nyawa kita dan nyawa orang lain, jadi hukum harus ditegakkan secara adil."

Kasus surat tilang itu muncul setelah sang PM berkunjung ke Koh Kong pada 18 Juni.

Di provinsi itu, secara tak terduga Hun Sen mendatangi seorang pengendara taksi motor di pinggir jalan.

Dia kemudian mengendari motor tersebut bersama sang pemiliknya untuk bersenang-senang. Ia memacu motor sepanjang 250 meter tanpa menggunakan helm.

Pada Senin (20/6/2016), Hun Sen secara terbuka menyampaikan permintaan maaf atas kesalahan yang dibuatnya setelah para pengguna Facebook mencemoohnya karena tidak menggunakan helm saat mengendari motor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com