Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebut Obama "Negro Tak Berbakat", Partai Sayap Kanan Denmark Minta Maaf

Kompas.com - 21/06/2016, 10:09 WIB

KOPENHAGEN, KOMPAS.com - Kelompok pemuda dari partai sayap kanan Denmark meminta maaf atas sebuah lagu yang menyebut Presiden AS Barack Obama sebagai "negro tanpa bakat".

Anggota sayap kepemudaan Partai Rakyat (DF) mengklaim lagu tersebut, yang digubah dari lagu "California Dreamin" karya kelompok The Mamas dan the Papas, hanya ditujukan untuk bersenang-senang dan tak bermaksud untuk menghina Obama.

Para pemuda ini menyanyikan lagu tersebut dalam sebuah pertemuan politik di Bornholm, yang juga dihadiri Dubes AS untuk Denmark Rufus Gifford, yang juga kawan lama Obama.

Lewat akun Facebooknya, sayap pemuda DF mengatakan lagu itu hanya sekadar untuk "lucu-lucuan" dan digunakan untuk bersenang-senang serta menyebut banyak yang salah memaknai kata-kata dalam lagu tersebut.

Lirik lagu tersebut pertama kali dipublikasikan lewat Facebook oleh David Trast, yang menyebut perilaku Partai DF salah dan bodoh.

Pria ini juga meminta agar sayap pemuda DF meminta maaf, terutama setelah lagu hinaan itu dinyanyikan di depan Dubes AS untuk Denmark.

Dalam lagu itu sebenarnya tak hanya Obama yang "disenggol". Lirik lagu itu juga menyebut Hillary Clinton sebagai seekor keledai dan mendukung Donald Trump sebagai presiden Amerika Serikat.

Partai DF sebelumnya juga sudah dikritik karena mempromosikan pesan-pesan rasialisme, salah satunya adalah memajang poster sebuah keluarga yang seluruh anggotanya adalah warga kulit putih.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com