Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konvoi Truk Bantuan Inggris Dilarang Perancis Masuk ke Kamp Pengungsi Calais

Kompas.com - 19/06/2016, 14:14 WIB

PARIS, KOMPAS.com -  Konvoi sekitar 250 kendaraan dari Inggris yang membawa sumbangan untuk penghuni kamp pengungsi Calais, Perancis utara dihentikan di Dover, Inggris tenggara.

Hal itu terjadi setelah pihak berwenang di Paris, tidak memberi izin masuk ke Perancis, Sabtu (18/6/2016).

Iring-iringan yang diorganisir beberapa kelompok itu, termasuk Stop the War Coalition and People’s Assembly, berkumpul di dekat Parlemen Inggris, Sabtu pagi.

Pihak penyelenggara berharap akan masuk ke wilayah Perancis utara, Sabtu sore waktu setempat atau Minggu (19/6/2016) dini hari.

Para pejabat Perancis menghentikan iring-iringan kendaraan untuk naik ke kapal feri dari pelabuhan Kent di Dover menuju Calais.

Pemeriksaan di perbatasan di wilayah Inggris itu sebagai bagian dari perjanjian bilateral antarkedua negara tersebut.

Soupir-sopir kendaraan meninggalkan mobil mereka dan pergi ke pos perbatasan untuk memprotes keputusan larangan masuk itu dan kebijakan migran.

Mereka juga menyampaikan pesan yang kuat untuk mendukung para pengungsi. Polisi Perancis membenarkan larangan masuk tersebut.

Larangan didasari kekhawatiran keamanan selama penyelenggaraan kejuaraan sepak bola Euro 2016 di Perancis dan kebijakan kontraterorisme.

Menurut perkiraan resmi pada April lalu, kira-kira 4.000 migran, terutama dari Afganistan dan Sudan, tinggal di kamp Calais.

Pihak penyelenggara konvoi itu mengklaim jumlahnya hampir 5.000 pengungsi berkemah di Calais.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com