Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Tolak Bantuan Dana dari Argentina karena Ada Angka "666"

Kompas.com - 16/06/2016, 19:19 WIB

KOMPAS.com - Pemimpin umat Katolik sedunia Paus Fransiskus menolak dana bantuan sosial dari Presiden Argentina Mauricio Macri, hanya karena besaran uang yang disumbangkan mengandung angka "666". 

Nilai bantuan yang ditolak Paus itu sebesar 16.666.000 Peso atau kira-kira Rp 16,2 miliar. Kandungan angka 666 itulah yang nampaknya "mengganggu" bagi Paus.

Awalnya, bantuan itu dialamatkan kepada Scholas Occurentes, sebuah yayasan yang bergerak di di bidang pendidikan dan didukung oleh Paus. 

Seperti dilansir laman Telegraph, Kamis (16/6/2016), berdasarkan sumber di lingkungan dalam Vatikan disebutkan, Paus menulis pesan kepada Macri dengan mengatakan, “Saya tidak suka 666."

Sementara itu, sebuah sumber di Pemerintahan Argentina seperti dilansri La Nación,  menyebut besaran sumbangan itu dihitung dari banyaknya pengeluaran dari yayasan yang berpusat di Buenos Aires itu.

Antara lain, besaran gaji 36 pegawai, dan biaya peralatan serta perawatan bangunan tempat mereka berkantor di gedung bekas aset negara.

"Data itu diperoleh dari mereka, jadi kami sangat terkejut dengan apa yang terjadi setelah itu, dan Paus ternyata tidak mendapat informasi ini," ungkap sumber tersebut. 

Hingga berita ini ditayangkan, tidak ada penjelasan langsung dari Paus terkait kabar itu.

Angka 666 selama ini umum dikenal sebagai simbolisasi dari dunia kegelapan atau pun pengikut setan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com