Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terbukti Korupsi, Anak dan Istri Mantan Pejabat China Dipenjara

Kompas.com - 16/06/2016, 09:24 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Sebuah pengadilan di China menjatuhkan hukuman penjara untuk istri dan anak dari seorang mantan pejabat tinggi keamanan setelah terbukti melakukan tindak pidana korupsi.

Stasiun televisi China, CCTV melaporkan, Zhou Bin, putra Zhou Yongkang mantan menteri keamanan publik China, diganjar hukuman 18 tahun penjara.

Sementara ibunya, Jia Xiaoyue, yang adalah mantan wartawan televisi, mendapat hukuman penjara sembilan tahun.

Pengadilan Provinsi Hubei menyatakan istri dan anak Yongkang bersalah dalam kasus 'suap dan kegiatan bisnis gelap'.

Selain diganjar 18 tahun penjara, Zhou Bin juga harus membayar denda 350 juta yuan atau sekitar Rp 700 miliar dan semua kekayaan "yang diperoleh secara tidak sah" disita negera, seperti diaporkan kantor berita Xinhua.

Zhou Yongkang sendiri sedang menjalani hukuman penjara seumur hidup setelah putusan pengadilan, yang digelar tertutup pertengahan 2015 lalu, menyatakan dia bersalah dalam dakwaan korupsi.

Sebagai pihak yang bertanggung jawab atas keamanan di China, Yongkang pernah menjadi orang dengan pengaruh politik besar dan sempat disebut-sebut sebagai saingan presiden saat ini, Xi Jinping.

Zhou Yongkang merupakan pejabat negara tertinggi di China yang dipenjara terkait upaya pemberantasan korupsi yang dilancarkan Presiden Xi Jinping sejak berkuasa empat tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com