Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Media Korut Kembali Tampilkan Kim Jong Un Merokok di Acara Publik

Kompas.com - 10/06/2016, 14:43 WIB

PYONGYANG, KOMPAS.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un kembali terlihat merokok di depan umum untuk pertama kalinya sejak dua bulan terakhir, kendati negara itu sedang melancarkan kampanye anti-merokok.

Media pemerintah Korea Utara pekan ini memperlihatkan sang pemimpin itu dengan santai memegang rokok di tangan kanannya saat berkunjung ke sebuah acara anak-anak di Pyongyang.

Sebelum itu, selama beberapa pekan terakhir, dalam berbagai pemberitaan tentang Kim Jong Un, media setempat tak lagi menampilkan foto Kim yang sedang merokok atau memperlihatkan asbak di atas meja.

Kim Jong Un dikenal sebagai perokok berat dan analis BBC mengatakan dia mungkin hanya berhenti merokok pada tugas resmi demi pencitraan di depan kamera.

Kin terakhir terlihat merokok pada 15 Maret lalu saat menghadiri uji coba motor roket bikinan Korea Utara.

Foto yang kembali menampilkan Kim tengah merokok merupakan kejutan, karena negara itu sedang melancarkan apa yang oleh surat kabar pemerintah Rodong Sinmun disebut sebagai kampanye anti-tembakau di negara dengan jumlah perokok yang besar itu.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pada 2012 lebih dari setengah warga Korea Utara adalah perokok. Menurut kantor berita Korea Selatan Yonhap, jumlah perokok di Korea Utara adalah salah satu yang tertinggi di Asia.

Merokok di negara ini hampir menjadi kebiasaan eksklusif kebiasaan laki-laki. Dan untuk menyampaikan pesan "dilarang merokok", stasiun televisi Korea Utara menyiarkan program 40 menit berjudul "Barang favorit kualitas ekstra yang mengancam hidup".

Dalam program itu diperlihatkan sosok perempuan menghardik perokok laki-laki, dan menyebut mereka sebagai "orang bodoh yang merusak lingkungan sekitar."

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com