Selasa, 28 Maret 2017

Internasional

Bill Gates Akan Sumbangkan 100.000 Ekor Ayam untuk Warga Miskin Afrika

Jumat, 10 Juni 2016 | 13:27 WIB
Reuters Bill Gates berencana mendonasikan 100.000 ekor ayam untuk diternakkan warga miskin Afrika.

WASHINGTON, KOMPAS.com - Bill Gates meluncurkan skema terbarunya untuk membantu warga negara-negara sub-Sahara Afrika yang hidup dalam kemiskinan.

Skema baru itu adalah memberi mereka ternak ayam untuk dikembangkan demi meningkatkan pendapatan dan taraf hidup mereka.

Gates akan mendonasikan 100.000 ekor ayam yang sudah divaksin sehingga kebal dari penyakit kepada warga miskin Afrika.

Gayes yakin beternak ayam bisa menambah pendapatan mereka karena memelihara ayam tak membutuhkan banyak biaya, merupakan invesati yang baik dan menyediakan makanan bergizi bagi anak-anak.

"Jika saya hidup dalam kemiskinan ekstrem, maka saya akan memelihara ayam," ujar pendiri Microsoft itu lewat akun Twitter-nya, Kamis (9/6/2016).

Gates menambahkan, seorang peternak yang memulai usaha dengan lima ekor ayam bisa mendapatkan hasil 1.000 dolar atau sekitar Rp 13 juta setahun.

Jumlah uang itu jauh di atas pendapatan masyarakat miskin yang adalah 700 dolar AS atau sekitar Rp 9,3 juta setahun.

Intinya, Bill Gates berharap dia bisa membantu 30 persen warga pedesaan Afrika memelihara ayam demi meningkatkan taraf hidup mereka.

Melinda, istri sekaligus pengelola Yayasan Bill & Melinda Gates, mengatakan, membiakkan ayam juga bisa menjadi sarana untuk memberdayakan perempuan dengan memberi mereka sumber pendapatan.

Namun, rencana ini juga mendapat kritikan. Sejumlah kalangan menilai rencana ini adalah sekadar publisitas bagi Bill Gates dan tak akan menuntaskan masalah kemiskinan Afrika.

"Bapa kami, yang adalah Paman Bill, dimuliakanlah keinginanmu..." kata seorang satiris dan penulis asal Nigeria, Elnathan John, lewat akun Twitternya.

Gates sendiri bukannya tak menyadari bahwa rencana ini akan banyak dianggap sebelah mata. Namun, dia bersikukuh rencana sederhana ini akan memberi dampak positif.

"(Rencana ini) memang terdengar lucu. Namun, saya serius saat saya mengatakan sangat senang dengan ayam," kata Gates lewat situs resmi proyek ini.

Yayasan Bill & Melinda Gates adalah salah satu lembaga amal pribadi terbesar di dunia, telah menanambkan banyak investasi di Afrika dalam berbagai sektor seperti layanan kesehatan, pendidikan, hak-hak perempuan dan pengentasan kemiskinan.

Editor : Ervan Hardoko
Sumber: Reuters,