Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

19 Kali Gagal, Pria Ini Kembali Ikut Ujian Masuk Universitas di China

Kompas.com - 09/06/2016, 12:22 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Ini adalah kisah tentang seseorang yang pantang menyerah dan terus berusaha meski telah kerap kali mengalami kegagalan.

Liang Shi (49), pria asal Sichuan, China ini memang pantang menyerah. Dia sudah ikut ujian masuk perguruan tinggi atau gaokao sebanyak 19 kali dan selalu gagal.

Namun, kegagalan berulang itu tak membuat semangat Liang Shi runtuh dan dia berniat untuk kembali mencoba peruntungan untuk kali ke-20.

Kali pertama dia ikut ujian masuk perguruan tinggi adalah saat berusia 16 tahun. Saat itu hasil ujiannya begitu buruk sehingga dia tak diterima satupun universitas di China.

Keadaannya tak membaik sejak saat itu. Liang Shi sempat diterima di sebuah institut teknik setempat namun dia keluar karena merasa masih berkesempatan melakukan hal yang lebih baik.

Liang kemudian mengikuti kembali ujian nasional, tetapi untuk kedua kalinya dia menemui kegagalan. Hingga ujian ke-19 yang diikutinya tahun lalu, Liang belum kunjung berhasil.

Tahun lalu, dia hanya mendapatkan 417 poin, kurang 28 poin dari nilai minimal. Dia masih harus memperbaiki kemampuannya dalam bidang matematikan dan sains, khususnya jika pria ini masih ingin menuntut ilmu di fakultas matematika Universitas Sichuan.

Tahun ini, Liang untuk kali ke-20 mengikuti ujian masuk perguruan tinggi. Dan, dia berjanji ini adalah gaokao terakhir yang diikutinya. Jika gagal dia tak akan mencoba lagi tahun depan.

"Ini adalah upaya terakhir saya. Jika gagal lagi, saya akan berhenti ikut ujian nasional," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com