Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dapat Ancaman Bom, Pesawat EgyptAir Mendarat Darurat di Azerbaijan

Kompas.com - 08/06/2016, 15:30 WIB

KAIRO, KOMPAS.com — Sebuah pesawat terbang milik maskapai penerbangan EgyptAir terpaksa melakukan pendaratan darurat setelah mendapatkan informasi terkait keberadaan bahan peledak di dalam kabin.

Pesawat dengan nomor penerbangan MS955 dari Kairo menuju Beijing itu akhirnya terpaksa mendarat di Azerbaijan, setelah menerima ancaman tak dikenal.

Setelah mendarat di Azerbaijan, semua penumpang yang berjumlah 118 orang dan 17 kru harus dievakuasi, dan polisi harus melakukan penyisiran untuk mencari bahan peledak tersebut.

Setelah diselidiki dan dipastikan tak ada bahan peledak di dalam pesawat, polisi memastikan, ancaman itu hanyalah sebuah gertakan palsu alias hoax.

"Pesawat itu kini sudah bersiap untuk melanjutkan penerbangan. Syukurlah ancaman itu palsu," ujar seorang pejabat Mesir.

Sebelumnya, maskapai penerbangan Uzbekistan Airways mengeluarkan pernyataan terkait ancaman bom terhadap Egypt Air.

"Pada 8 Juni pagi, informasi kami terima terkait kemungkinan adanya bahan peledak di dalam pesawat A330-220 milik EgyptAir yang sedang dalam perjalanan dari Kairo menuju Beijing," demikian keterangan dari Uzbekistan Airways.

"Sebanyak 17 kru dan 118 penumpang berada di dalam pesawat itu saat informasi ancaman itu kami terima," tambah pihak maskapai Uzbekistan itu.

Ancaman ini muncul beberapa pekan setelah pesawat EgyptAir MS804 jatuh dan menewaskan 66 orang, termasuk anak-anak.

Setelah kejadian pada 19 Mei itu, EgyptAir kerap menerima ancaman bom. Namun, semua ancaman itu ternyata palsu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Telegraph
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com