Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gedung Putih Kecam Serangan Bom di Istanbul

Kompas.com - 08/06/2016, 06:08 WIB

ISTANBUL, KOMPAS.com - Pemerintah Amerika Serikat mengecam aksi penyerangan bom mobil di pusat Kota Istanbul, Turki, Selasa (7/6/2016).

Jurubicara Gedung Putih Mark Stroh mengungkapkan, Pemerintah AS mengirimkan doa dan harapan untuk semua korban, baik keluarga korban yang tewas, maupun korban luka akibat serangan itu. 

Seperti dilansir Associated Press, Stroh lantas menegaskan, AS akan berdiri bersama Pemerintah Turki untuk menghadapi ancaman yang ada di wilayah tersebut. 

Seperti yang telah diberitakan, bom berdaya ledak tinggi menghantam satu bus polisi dan menewaskan 11 orang, kemarin.

Tujuh di antara korban tewas itu adalah polisi dan empat lainnya warga sipil. 

Berdasarkan laporan televisi Turki, 36 orang terluka dengan tiga di antaranya dalam kondisi luka serius. Demikian dikutip dari kantor berita Agence France-Presse.

Bom itu menargetkan sebuah bos pengangkut polisi antihuru-hara yang sedang melintasi Distrik Beyazit, tak jauh dari pusat toko-toko suvernir, dan kantor Gubernur Istanbul, Vasip Sahin.

Menurut petugas, bom yang dikendalikan dari jarak jauh itu meledak tepat pada saat sebuah bus yang membawa para petugas polisi melintas di Distrik Beyazit.

Ledakan terjadi tak jauh dari stasiun kereta api bawah tanah Vezeciler yang tak jauh dari situs sejarah Masjid Suleymaniye.

Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu, dalam sebuah wawancara dengan stasiun televisi negara TRT, mengatakan, Turki telah berjuang melawan segala bentuk terorisme.

Sejauh ini belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas tindakan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com