Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anjing Terakhir yang Bertugas Mencari Korban Tragedi 9/11 Disuntik Mati

Kompas.com - 07/06/2016, 20:46 WIB

HOUSTON, KOMPAS.com — Anjing terakhir yang ikut bertugas mencari korban tragedi World Trade Center pada 11 September 2001 di New York, Senin (6/6/2016), mati dalam usia 16 tahun.

Bretagne, anjing jenis golden retriever milik Denise Corlis asal Texas itu, disuntik mati setelah kondisi kesehatannya memburuk seiring dengan usianya yang menua.

Bretagne baru berusia dua tahun saat dia dan Denise menjadi bagian dari gugus tugas Texas 1 yang dikirim ke lokasi puing-puing WTC di Manhattan, New York, untuk mencari para korban tragedi itu.

Denise dan Bretagne bertugas selama 12 jam sehari selama dua pekan untuk mencari para korban. Seusai tugasnya itu, Bretagne kemudian menjadi anjing terapi bagi para korban selamat tragedi WTC.

Tak berhenti di New York, Bretagne juga ikut bertugas mencari para korban badai Katrina dan badai Rita, beberapa tahun yang lalu.

Bretagne pensiun dari gugus tugas Texas 1 pada 2009 dan bekerja untuk tim SAR pasukan pemadam kebakaran setempat.

Bretagne dan Denise pernah bertemu mantan Presiden George HW Bush tahun lalu dan dinominasikan dalam penghargaan Hero Dog dari American Humane Association pada 2014.

Denise dan keluarganya memutuskan untuk mengakhiri penderitaan Bretagne yang mengalami gagal ginjal akibat usia tuanya.

Lebih dari 20 orang petugas berseragam berbaris rapi dan memberikan penghormatan terakhir kepada Bretagne saat dia dibawa menuju ke rumah sakit hewan di kota Houston, Texas.

Setelah dipastikan mati, selembar bendera AS ditaruh di atas tubuh anjing itu saat dia dibawa keluar dari rumah sakit hewan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com