Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pidato-pidato Vladimir Putin Selama 15 Tahun Dijadikan Buku 3 Jilid

Kompas.com - 07/06/2016, 10:27 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Mencari referensi tentang Presiden Rusia Vladimir Putin kini menjadi tak sulit lagi.

Seluruh pidato resmi Putin selama 15 tahun karirnya telah dikumpulkan dalam buku tiga jilid, yang pertama kali diluncurkan dalam sebuah pameran buku di Moskow akhir pekan lalu.

Perwakilan dari penerbit buku Zvonnitsa, Georgy Zaitsev, menyebut buku berjudul “Pidato Langsung” itu adalah "potret" sebuah era, dengan Putin sebagai tokoh sentral.

Putin disebut sebagai bagian dari sejarah abad ke 21 yang setara dengan tokoh seperti Charles de Gaulle atau pun Fidel Castro.

Dmitry Gubin seorang wartawan independen di Moskow mengatakan, buku itu seperti mesin waktu, mengingatkan dia kembali pada masa kecilnya.

Menurut Gubin, secara fisik, buku itu beratnya sama seperti buku Lenin, Marx, dan Engles yang harus dipajang di rak-rak birokrat Soviet.

Nah, menurut dia, edisi Putin ini pasti bakal menjadi pajangan wajib di kantor-kantor yang terkait dengan Pemerintah Rusia sekarang.

Selain itu, buku itu hampir pasti akan diborong oleh Partai Persatuan Rusia yang berkuasa dan oleh perusahaan-perusahaan pemerintah.

Gubin mengatakan, simbolisasi macam itu diperlukan untuk menunjukkan mereka benar-benar setia kepada Putin.

Namun dia mengaku sulit membayangkan ada orang yang akan membaca buku ini secara serius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com