Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angela Merkel Wanita Paling Berpengaruh di Dunia, Sri Mulyani di Posisi Ke-37

Kompas.com - 07/06/2016, 05:45 WIB

KOMPAS.com — Kanselir Jerman Angela Merkel menduduki peringkat teratas dalam daftar 100 besar perempuan paling berpengaruh di dunia atau Power Women 2016 versi majalah Forbes.

Mantan Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani Indrawati menjadi satu-satunya orang Indonesia yang masuk di dalam daftar itu. Direktur Pelaksana World Bank ini menduduki peringkat ke-37.

Peringkat kedua diduduki oleh bakal calon presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Hillary Clinton, yang pernah menjabat sebagai Menteri Luar Negeri AS.

Hillary disusul oleh sesama perempuan AS, Janet Yellen, yang memimpin Bank Sentral Amerika yang berkantor di Washington.

Sementara itu, jumlah perempuan China yang masuk daftar ini mencapai sembilan orang. Ada Lucy Peng, eksekutif senior perusahaan jual beli internet Alibaba, dan Margaret Chan, Direktur Jenderal Badan Kesehatan Dunia atau WHO, yang duduk di peringkat 35 dan 38.

Kendati demikian, perempuan Amerika Serikat tetap mendominasi daftar tersebut dengan 51 tokoh.

Survei menampilkan 100 wanita dari 29 negara yang mewakili berbagai sektor, seperti politik, bisnis, teknologi, dan filantropi.

Pihak Forbes mengatakan, para wanita di daftar ini menguasai 1 triliun dollar AS dan memengaruhi lebih dari 3,6 miliar orang di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com