Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/05/2016, 07:09 WIB

ROMA, KOMPAS.com Sebuah kapal selam Inggris dengan 71 jasad awaknya, yang terlibat dalam misi Perang Dunia II, telah ditemukan setelah lebih dari 73 tahun hilang di Laut Mediterania.

Puing-puing yang diyakini dari kapal selam HMS P 311 milik Angkatan Laut (AL) Kerajaan Inggris itu ditemukan di lepas pantai Sardinia, Italia, seperti dilaporkan situs berita Express, Rabu (25/5/2016).

Kapal tersebut terlibat dalam misi Perang Dunia II dan menghilang sejak sekitar 2 Januari 1943 bersama dengan 71 awaknya.

Inggris yakin, kapal selam itu terkena ranjau laut di Teluk Olbia, Sardinia. 

Sebuah tim dipimpin oleh Massimo Domenico Bordone, pemburu puing kapal yang berbasis di Genoa, Italia, menemukan sisa-sisa kerangka kapal itu di kedalaman 100 meter di dekat Pulau Tavolara.

Bordone mengatakan, ia mengetahui telah menemukan kapal itu ketika ia melihat bayangan dari kerangka sepanjang 84 meter ketika ia mencapai di kedalaman 80 meter.

Berbicara kepada media Italia, Bordone mengatakan, “Saya segera berpikir tentang nasib orang-orang yang menemui ajalnya di bawah sini.”

Menurut dia, “Itu adalah nasib bersama yang dialami begitu banyak orang, awak kapal selam khususnya,” yang berjuang untuk selamat dari konflik dan kecelakaan di laut.

Kapal selam itu meninggalkan Malta pada 28 Desember 1942 dengan misi pertama untuk menghancurkan dua kapal perang Italia ketika mereka lego jangkar di Pelabuhan La Maddalena.

Namun, setelah mengirim sinyal pada 31 Desember, kapal itu menghilang tanpa jejak. Para pejabat militer saat itu mengasumsikan bahwa kapal selam itu telah tenggelam.

Rongsokan kapal itu dikatakan dalam kondisi sangat baik dengan hanya sejumlah kecil kerusakan akibat ledakan.

Bordone mengatakan, "Sepertinya kapal itu mungkin tenggelam dengan udara kosong di dalamnya, yang menyebabkan para kru akhirnya meninggal karena kekurangan oksigen”.

Kapal itu tidak akan dipindahkan dan akan tetap menjadi kuburan perang.

AL Kerajaan Inggris mengatakan, mereka mengharapkan kecelakaan itu harus diperlakukan dengan baik saat mereka bekerja untuk mengonfirmasi identitas kapal selam.

Seorang juru bicara AL Inggris mengatakan, "Kami memeriksa catatan kami untuk menentukan apakah ini adalah sebuah kapal selam AL atau tidak."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com