Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Pernah Menyodok Anaconda dengan Tongkat...

Kompas.com - 25/05/2016, 05:30 WIB

KOMPAS.com — Anaconda adalah empat spesies ular raksasa yang berasal dari Amerika Selatan. Namun, jenis anaconda yang paling banyak dikenal adalah anaconda hijau.

Binatang melata ini memiliki panjang tubuh hingga 5,21 meter, dengan berat mencapai 97,5 kilogram. Ukuran itu adalah yang terbesar dan terberat dari semua ular yang pernah ditemukan. 

Lalu, dengan pemahaman seperti itu, akankah Anda menyodok ular itu dengan kayu jika suatu saat mendapatinya di alam bebas?

Memang, ada orang-orang yang melakukan itu, dan mereka bisa selamat. Namun, sebaiknya tidak demikian. 

Baca: Pria AS Akan Rekam Dirinya Ditelan Ular Anaconda

Tentu, banyak orang takut dengan ular. Bukan hanya karena ukuran yang besar dan berbahaya. Namun, sekalipun Anda tak takut dengan ular, anaconda tak bisa dihitung seperti ular penyantap tikus lainnya. "Levelnya" berbeda.

Seperti diulas di laman maxanimal, anaconda sangat mungkin membunuh manusia dengan mudah. Jika ular itu tak melumat tubuh mangsanya, dia bisa menenggelamkan santapannya ke dasar air yang gelap, tempat mereka bermukim.

Jadi, sungguh mempertahankan diri dengan menyodok ular jenis ini sama sekali bukan pilihan yang bagus. Setidaknya perhatikan rekaman video di bawah ini:

Dalam rekaman itu terlihat bagaimana cepatnya anaconda bergerak untuk bereaksi terhadap ancaman ataupun untuk memangsa.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com