Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/05/2016, 17:53 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com - Pemerintah negara bagian New South Wales, Australia menganggarkan dana 2,5 juta dolar Australia atau sekitar Rp 25 miliar untuk memberantas kelelawar di Batemans Bay.

Di masa-masa puncaknya terdapat sekitar 100.000 ekor kelelawar di Batemans Bay dan daerah sekitarnya di kawasan pesisir  New South Wales tersebut.

Suara dan bau dari binatang tersebut sudah menimbulkan gangguan serius bagi warga setempat. Batemans Bay terletak sekitar 280 km dari Sydney.

Menteri Lingkungan NSW Mark Speakman mengatakan, penduduk setempat saat ini hidup dalam keadaan 'tidak menyenangkan" dan binatang tersebut harus segera dipindahkan.

"Ada sekitar 100.000 ekor kelelawar di Batemans Bay, dan jumlah itu sekitar 25 persen dari populasi kelelawar keseluruhan di Australia, jadi ini merupakan hal yang luar biasa." kata Speakman.

"Sudah banyak warga yang melapor. Mereka merasa terpenjara di dalam rumah sendiri, karena mereka tidak bisa keluar rumah. Mereka harus menghidupkan AC sepanjang hari, dan harus menutup jendela rumah mereka," tambah dia.

"Situasi ini sudah merupakan keadaan darurat." kata Speakman lagi.

Dewan kota Eurobodalla sudah berencana memindahkan para kelelawar tersebut. Mereka akan menyemprot pohon dengan bahan kimia, dan memasang boneka manusia raksasa untuk membuat binatang tersebut takut.

Namun, anggota parlemen dari kawasan tersebut Andrew Constance mengatakan keputusan akhir mengenai metode apa yang akan digunakan belum lagi diputuskan.

"Kita masih menunggu dan melihat apa yang akan diusulkan oleh konsultan mengenai teknik pemberantasan yang paling tepat." kata Constance.

"Warga sudah tidak sabar menunggu solusi yang bisa diterapkan," ujar Constance.

Wali kota Eurobodalla Lindsay Brown mengatakan mereka memiliki beberapa opsi.

"Metode yang dilakukan sekarang tampaknya masih paling bagus yaitu menggunakan suara yang keras sekali ditambah dengan asap, dan juga lampu yang kuat untuk menerangi wilayah tersebut, sehingga kelelawar ini tidak akan merasa nyaman di sana." katanya.

Pekan lalu Menteri Lingkungan Federal Greg Hunt mengatakan dia akan mendesak adanya pengecualian  di UU Federal sehingga proses pemberantasan ini bisa dilakukan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com