Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan Irak Siap Usir ISIS dari Kota Fallujah

Kompas.com - 23/05/2016, 14:43 WIB

BAGHDAD, KOMPAS.com - Angkatan bersenjata Irak menggelar sebuah operasi militer besar untuk merebut kota Fallujah yang dikuasai Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

PM Haider al-Abadi sangat optimistis operasi ini akan berlangsung sukses bahkan mengatakan, militer segera menyambut kemenangan besar melawan ISIS.

Demikian disampaikan Al-Abadi, Minggu (22/5/2016) malam didampingi para komandan militer dan pasukan kontra-terorisme negeri itu.

Fallujah terletak sekitar 64 kilometer sebelah barat ibu kota Baghdad dan sudah diduduki ISIS selama kurang lebih dua tahun.

Pengumuman yang disampaikan Al-Abadi itu muncul di saat masalah sosial dan politik di Baghdad semakin memburuk.

Bentrokan antara para pengunjuk rasa dan pasukan keamanan Irak di dalam Zona Hijau Baghdad yang dibentengi dan dijaga ketat mengakibatkan dua orang tewas.

Zona Hijau adalah sebuah kawasan tempat kediaman para pejabat pemerintahan dan berbagai kedutaan besar negara asing berasal.

Pasukan keamanan bahkan melepaskan gas air mata, meriam air dan peluru tajam untuk membubarkan pengunjuk rasa. Akibatnya lebih dari 100 orang dirawat di rumah sakit.

Di tengah krisis politik ini militer Irak yang didukung serangan udara koalisi pimpinan AS berhasil memukul mundur ISIS dari beberapa lokasi di provinsi Anbar.

Pekan lalu, pasukan Irak memukul mundur ISIS dari kota Rutba, 386 kilometer sebelah barat Bahgdad, masih di provinsi Anbar.

Bulan lalu, pasukan Irak sukses membersihkan wilayah provinsi Anbar di sepanjang Sungai Eufrat dan sukses membebaskan Ramadi, ibu kota provinsi Anbar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com