Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tukang Cukur Ini Gunakan Mulut untuk Pangkas Rambut...

Kompas.com - 23/05/2016, 08:00 WIB

VARANASI, KOMPAS.com — Ansar Ahmad, seorang pemangkas rambut dari Varanasi, India, tiba-tiba menjadi selebriti di negaranya.

Hal itu terjadi karena rekaman video yang mempertontonkan kelihaiannya menjadi viral di media sosial. Dalam video itu, Ansar terlihat memangkas rambut menggunakan gunting di mulut.

Pemuda ini mampu mencukur rambut dengan baik, meski menggunakan gunting di mulut. Bahkan, sejumlah pelanggannya menyebut, hasil pangkasan Ansar sebagai "the perfect haircut".

Seperti diberitakan laman odditycentral, Ansar sudah menekuni kegiatan potong rambut sejak masih kanak-kanak.

Tentu, awalnya, dia memangkas rambut menggunakan gunting di tangan.

Namun, kecelakaan yang dialami 15 tahun lalu membuatnya mencari alternatif cara jika ingin tetap menjadi pemangkas rambut.

Saat itulah, dia menemukan metode pemangkasan menggunakan mulut.

"Setelah saya tak bisa menggunakan salah satu tangan saya, saya mengalami masalah besar kala itu. Butuh waktu tiga tahun bagi saya untuk mempelajari gaya ini. Namun, kini, saya dapat dengan mudah memegang gunting di mulut," kata dia seperti dikutip dari ANI News.

Sekalipun Ansar mengaku tak bisa bekerja secepat menggunakan tangan, toh waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan potongan rambut satu pelanggan 25-30 menit.

Banyak pelanggannya yang tak ragu untuk antre sambil menyaksikan kelihaian Ansar.

"Dia selalu memberikan hasil pangkasan yang sempurna," ungkap salah satu pelanggan Ansar. 

Guinness Book of Records
Terinspirasi dari derasnya perhatian media, nama Ansar kini sudah masuk dalam buku rekor dunia, Guinness Book of Records.

Pada 3 Mei lalu, dia mengumumkan untuk melakukan pangkas rambut maraton dengan menggunakan mulut, selama 25 jam, tanpa henti.

Aksi itu berlangsung di salonnya di Jagatganj, tanpa biaya. 

Walau demikian, Ansar mengaku, membukukan nama sebagai pemangkas rambut berbakat bukan tujuan utamanya.

Lebih dari itu, dia bermimpi untuk membuka semacam pusat pelatihan pangkas rambut untuk para penyandang disabilitas seperti dirinya. Dia berharap, orang dengan disabilitas dapat hidup mandiri. 

Ansar mengaku, dia hingga saat ini sudah mulai melakukan pelatihan di kampung halamannya bagi sejumlah anak dengan keterbatasan fisik.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com