Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Klaim Didukung 40 Negara Terkait Laut China Selatan

Kompas.com - 20/05/2016, 20:40 WIB

BEIJING, KOMPAS.com – Pemerintah China, Jumat (20/5/2016), mengklaim telah mendapat dukungan dari lebih dari 40 negara atas posisinya di Laut China Selatan.

Dukungan itu diberikan lebih khusus dalam kasus hukum internasional yang diajukan Filipina ke Pengadilan Arbitrase Internasional.  

Beijing telah berulangklai menolak kasus yang diangkat Filipina itu dan mengatakan semua persengketaan harus diselesaikan melalui dialog, atau pertemuan bilateral.

Menjelang putusan Pengadilan Arbitrase Internasional di Den Haag, Belanda, pemerintah China telah meningkatkan retorikanya.

Sejauh ini China telah mengklaim sebagian besar perairan Laut China Selatan. Kawasan itu selain merupakan jalur dagang internasinal yang bernilai lima triliun dollar AS  setiap tahun, juga kaya akan energy.

Taiwan dan empat negara ASEAN yakni Filipina, Brunei, Vietnam, dan Malaysia terlibat dalam sengketa dengan China.

"Sejauh yang saya tahu, ada lebih dari 40 negara yang telah memberikan pernyataan atau menyatakan posisi mereka melalui berbagai bentuk," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying, dalam acara jumpa pers reguler, Jumat.

"Semakin banyak negara yang menyatakan posisi mereka dan memberikan dukungannya kepada China terkait dengan kasus Laut China Selatan," katanya.

Awal pekan ini Beijing mengatakan bahwa negara-negara yang telah memberikan dukungan bagi China dalam masalah Laut China Selatan itu termasuk Burundi, Slovenia, Niger, dan Mozambik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com