Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nicolas Maduro: Ya, Benar, Saya Gila seperti Kambing

Kompas.com - 20/05/2016, 12:08 WIB

CARACAS, KOMPAS.com – Disebut “gila seperti kambing” oleh mantan Presiden Uruguay Jose Mujica pekan ini, Presiden Venezuela Nicolas Maduro pun menjawab, “Ya, saya gila seperti kambing, itu benar!”

Maduro membalas balik ejekan Mujica dengan tertawa geli pada Kamis (19/5/2016). Apa yang dikatakan mantan Presiden Uruguay itu benar – ia gila dengan cinta untuk negaranya.

"Ya, saya gila seperti kambing, itu benar," kata Maduro di depan pawai massa Partai Sosialis, partai  yang sedang berkuasa.

"Saya gila dengan cinta untuk Venezuela, untuk Revolusi Bolivarian, untuk Chavez dan teladannya," tambahnya sambil tersenyum, yang disambut sorak-sorai massa, merujuk mantan Presiden Hugo Chavez.

Sebelumnya, Mujica menyebut Maduro sebagai sosok yang  "gila seperti kambing".
"Semua orang di Venezuela gila. Mereka berbicara tentang semua hal dan tidak memperbaiki apa pun," kata Mujica kepada radio Uruguay, Canal 10, Rabu (18/5/2016).

Mujica seorang mitra dari sayap kiri yang memerintah Uruguay antara 2010 dan 2015. Rabu, sebelum melontarkan ejekannya, Mujica mengatakan ia menghormati Maduro.

Mantan Presiden Urugay itu diwawancarai soal perseteruan antara Maduro dan Luis Almargo, politisi Uruguay yang memimpin Organisasi Negara-negara Amerika Latin (OAS).

Perseteruan itu muncul setelah Almargo memperingatkan Maduro bahwa dia berisiko menjadi seorang "diktator kelas teri" dan mendesak dia untuk menggelar referendum.

Tak terima dikritik, Maduro kemudian menuduh Almargo sebagai agen CIA dan pengkhianat. Dalam hal ini, Mujica membela Almargo.

Di tengah krisis ekonomi yang mendalam, massa oposisi Venezuela mendorong dilakukannya referendum untuk penggulingan Maduro.

Para pejabat pemerintah mengatakan bahwa referendum tidak akan dilakukan tahun ini. Pasukan keamanan pun telah memblokade pawai protes massa oposisi yang menuntut referendum.

Banyak negara  asing menyerukan dialog, tapi ada permusuhan yang mendalam dan kecurigaan antara pemerintah Maduro dan koalisi oposisi, Democrat Unity Movement (DUR).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com