Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harapan Hidup Perempuan Kulit Putih AS Menurun

Kompas.com - 19/05/2016, 21:02 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com -  Usia wanita kulit putih di Amerika Serikat tahun 2013 mencapai 81,2 tahun. Angka itu turun sepersepuluh persen pada 2014 menjadi 81,1 tahun.

Wanita kulit putih AS terlalu cepat meninggal, seperti dilaporkan Deutche Welle, Kamis (19/5/2016).

Hal tersebut merupakan cara paling sederhana untuk menggambarkan masalah yang menjadi semakin nyata sejak tahun lalu lewat beberapa analisa statistik.

Penelitian tentang tingkat kematian di AS yang dilakukan Badan Urusan Statistik Kesehatan di Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit itu menunjukkan bahwa tingkat harapan hidup bagi setiap kelompok demografi telah meningkat atau tetap stabil.

Kecuali pada kelompok wanita kulit putih, yang tingkat harapan hidupnya justru menurun, meski tidak terlalu tajam.

Usia wanita kulit putih tahun 2013 mencapai 81,2 tahun dan angka itu turun sedikit pada 2014 menjadi 81,1 tahun, atau turun sepersepuluh persen.

Namun, peneliti-peneliti layanan kesehatan seperti Jarron Saint Onge di Universitas Kansas prihatin.

"Karena situasi membaik, dalam arti hidup kita menjadi lebih mudah dan pekerjaan tidak begitu berbahaya, seharusnya tingkat harapan hidup naik," ujar Saint Onge.

"Ketika melihat tingkat harapan hidup itu tiba-tiba stabil atau tidak bergerak naik, terlebih jika ada penurunan dalam jumlah orang yang merokok, maka ini menimbulkan keprihatinan," tambahnya.

Masalah lain adalah jika trend ini berlanjut, ini bisa menimbulkan kesenjangan yang lebih lebar antara wanita kulit putih dan kelompok-kelompok demografi lain.

Misalnya, tingkat harapan hidup di antara warga kulit hitam masih tetap rendah dibanding warga kulit putih secara keseluruhan,  yaitu sekitar beberapa persen.

Namun, lebih tinggi dibanding beberapa tahun lalu, dan terus meningkat.

Warga Hispanik memiliki tingkat harapan hidup yang lebih tinggi dibanding warga kulit hitam atau putih.

Fenomena itu terjasi sekalipun jumlah mereka yang berpendapatan rendah dan kurang memiliki asuransi kesehatan cukup besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com