Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekan Depan, Paus Fransiskus dan Imam Besar Al-Azhar Bertemu di Vatikan

Kompas.com - 19/05/2016, 20:54 WIB

VATICAN CITY, KOMPAS.com - Paus Fransiskus dijadwalkan bertemua dengan salah seorang tokoh Muslim Sunni di Vatikan pada Senin pekan depan.

Sheikh Ahmed al-Tayeb, imam besar Al-Azhar Kairo, Mesir, institusi Islam Sunni paling terkemuka di dunia akan bertemu dengan Paus Fransiskus pemimpin 1,2 miliar umat Katolik dunia di Basilika Santo Petrus.

"Pertemuan ini sudah disiapkan dan dijadwalkan digelar pada Senin mendatang. Ini adalah pertemuan pertama kedua pemimpin," kata juru bicara Vatikan, Federico Lombardi, Kamis (19/5/2016).

Kunjungan imam besar Al-Azhar ini menandai perbaikan hubungan antara dua agama terbesar di dunia itu, setelah hubungan kedua agama memburuk di masa Paus Benediktus XVI.

Memburuknya hubungan itu diawali pernyataan Benediktus XVI, yang mundur pada September 2006, yang menyebut Islam sebagai agama yang penuh kekerasan.

Dialog kedua agama kembali dimulai pada 2009 namun Al-Azhar menghentikan dialog pada 2011 ketika Benediktus XVI menyerukan perlindungan bagi minoritas Kristen di Mesir usai serangan bom di sbeuah gereja di Aleksandria.

Al-Azhar menilai pernyataan Benediktus XVI kala itu merupakan intervensi terhadap urusan dalam negeri Mesir.

Hubungan antara Vatikan dan Al-Azhar mulai membaik sejak Paus Fransiskus menjabat pada 2013 dengan menempatkan dialog antar-agama sebagai agenda utamanya.

Dialog ini ditegaskan Paus dalam pesan pribadinya kepada dunia Islam menandai Ramadhan pertama dalam masa kepausannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com