Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duterte Tawarkan 4 Posisi di Kabinet, Apa Reaksi Pemberontak Komunis Filipina?

Kompas.com - 18/05/2016, 17:13 WIB

MANILA, KOMPAS.com - Pemimpin Pemberontak Komunis Filipina menyambut baik tawaran dari Presiden Filipina terpilih Rodrigo Duterte untuk menduduki empat posisi di dalam kabinet baru di negara itu.

Baca: Pemimpin Pemberontak Komunis Filipina Pun Berharap kepada Duterte

Namun demikian, seperti diwartakan Associated Press, Rabu (18/5/2016), Partai Komunis Filipina mengaku percaya Duterte memahami betul bahwa perubahan kebijakan lebih penting dibanding posisi di dalam kabinet.

Hal ini mengingatkan Duterte bahwa masih diperlukan langkah untuk menutup kesenjangan dan menyamakan pandangan antara kelompok komunis, militer, dan pelaku bisnis di Filipina, terkait kondisi tersebut.

Di pihak lain, tawaran itu memang membuka peluang besar bagi gerilyawan komunis yang selama ini menuntut perginya pasukan Amerika Serikat dari Filipina, dan pembagian lahan bagi petani, untuk menduduki jabatan puncak di pemerintahan.

Sebelumnya, Duterte yang sudah dinyatakan unggul dalam penghitungan suara tak resmi menawarkan empat posisi bagi kader Partai Komunis.

Empat posisi itu adalah, bidang agrikultural, lingkungan, kesejahteraan rakyat, dan ketenagakerjaan.

Baca: Sebut Paus Anak Pelacur, Duterte Segera ke Vatikan untuk Minta Maaf

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com