Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Thailand Tutup Satu Pulau yang Rusak karena Kegiatan Wisata

Kompas.com - 17/05/2016, 21:06 WIB

BANGKOK, KOMPAS.com - Pemerintah Thailand dipastikan menutup Pulau Koh Tachai, salah satu objek wisata di Negeri Gajah Putih itu.

Tak menghiraukan hilangnya devisa yang didapat dari industri yang berkembang di kawasan itu, Pemerintah Thailand lebih menaruh perhatian terhadap rusaknya sumber daya alam dan lingkungan.

Sejumlah ahli yang dikutip media setempat menyebutkan, pantai di pulau itu sebenarnya hanya bisa mengakomodasi sekitar 70 orang.

Namun yang terjadi jumlah pengunjung mencapai lebih dari 1.000 orang. Belum lagi keberadaan pedagang kaki lima dan perahu-perahu wisata.

Kondisi itu menyebabkan kerusakan alam, yang terancam tak bisa diperbaiki lagi.

"Kami harus menutupnya untuk rehabilitasi lingkungan, baik di pulaunya sendiri maupun di laut. Untuk itu diperlukan kondisi yang bebas dari gangguan aktivitas pariwisata," kata Tunya Netithammakul.

Tunya Netithammakul adalah Direktur Jenderal Departemen Taman Nasional, Konservasi Margasatwa dan Tumbuhan di Thailand.

"Langkah itu perlu dilakukan, sebelum wilayah itu semakin rusak dan tak bisa diperbaiki lagi," ungkap Tunya, seperti dilaporkan surat kabar Bangkok Post.

Pulau Koh Tachai terletak di lepas pantai Provinsi Phang Nga dan menjadi bagian dari Taman Nasional Similan.

Taman itu banyak dikunjungi turis yang masih mendapat akses masuk ke beberapa lokasi terbatas untuk menyelam di kawasan itu.

Hampir semua taman nasional di Thailand ditutup mulai pertengahan Mei hingga pertengahan Oktober selama musim hujan. Namun khusus Pulau Koh Tachai tak akan dibuka lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com