Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan Assad Berhasil Merebut Kembali RS Al-Assad di Deir el-Zor

Kompas.com - 15/05/2016, 22:53 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.com -  Pasukan pemerintah Presden Suriah Bahsar al-Assad telah berhasil merebut kembali rumah sakit Al-Assad di Deir el-Zor dari militan Negara Islam di Irak dan Suriah.

Pasukan loyalis Assad, Minggu (15/5/2016) pagi memasuki kota dan merebut kembali rumah sakit itu, yang diserang dan direbus ISIS sehari sebelumnya, seperti dilaporkan BBC.

Dalam serangan pada Sabtu itu, 35 tentara Assad tewas dan 24 militan ISIS tewas. Saat itu, kelompok teror juga menculik staf dan paramedis di rumah sakit.

Sempat terjadi baku tembak yang berlangsung berjam-jam dalam usaha pasukan Damaskus untuk merebut kembali RS Al-Assad.

Kantor berita negara Suriah, SANA mengatakan, “Angkatan Darat dan Angkatan Bersenjata mengusir sejumlah teroris ISIS yang telah menyusup ke rumah sakit dan membebaskan dokter, pasien, dan warga sipil lainnya yang sandera.”

"Unit Angkatan Darat bentrok dengan sekelompok teroris ISIS yang menyusup RS Al-Assad di Deir el-Zor, yang mengakibatkan kematian para teroris," demikian SANA melaporkan.

Sebagian besar kota, yang merupakan daerah kaya minyak, ada di bawah kendali ISIS.

Menurut Al Jazeera, serangan itu berbeda dari yang terjadi sebelumnya,  ketika fasilitas kesehatan itu diserang dari berbagai arah.

Organisasi Pemantau Hak Asasi Manusia Suriah (SOHR) yang berbasis di London, Inggris mengatakan, pasukan pemerintah merebut kembali rumah sakit setelah pertempuran sengit.

Kantor berita milik ISIS, Amaq, melaporkan, militan telah berhasil menguasai stasiun pemadam kebakaran dan sebuah pos pemeriksaan serta bandara militer yang dikuasai pemerintah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com