Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebut Paus "Anak Pelacur", Duterte Segera ke Vatikan untuk Minta Maaf

Kompas.com - 12/05/2016, 13:50 WIB

DAVAO, KOMPAS.com — Presiden terpilih Filipina Rodrigo Duterte berencana untuk mengunjungi Vatikan. Dia hendak menyampaikan permintaan maaf langsung kepada pemimpin umat Katolik sedunia, Paus Fransiskus.

Permintaan maaf itu terkait ucapannya yang pernah mencerca Paus dengan sebutan "anak pelacur".

Niat meminta maaf itu diungkapkan juru bicara Duterte, Peter Lavina, di Davao, Kamis (12/5/2016), seperti dikutip Kantor Berita AFP.

“Wali kota berulang kali mengatakan bahwa dia ingin mengunjungi Vatikan. Menang atau kalah, tak cuma memberi penghormatan kepada Paus, tetapi dia ingin memberikan penjelasan dan memohon pengampunan," kata Peter Lavina.

Politisi yang kini berusia 71 tahun tersebut sudah sejak lama memegang jabatan sebagai wali kota di Davao. Selama itu pula dia dikenal kerap berbahasa keras dan kotor untuk menyampaikan pemikirannya.

Cercaannya terhadap Paus terjadi tahun lalu. Kala itu Duterte mengecam kemacetan yang terjadi di ibu kota Manila akibat kedatangan Paus. Hal itu disampaikan dalam pidato pengumumannya untuk maju menjadi calon presiden Filipina. 

“Butuh waktu lima jam untuk pergi dari hotel menuju bandara. Lalu saya bertanya, ada apa ini? Siapa yang datang? Mereka bilang Paus yang datang. Saya ingin sekali bilang kepada dia, 'Paus anak pelacur, pulang saja, jangan pernah datang ke sini lagi'," kata Duterte kala itu.

Tentu, pernyataan Duterte ini mengundang kecaman dari para pemimpin umat Katolik di negara yang warganya mayoritas beragama Katolik tersebut.

Namun, umpatan kontroversialnya itu justru berimbas terhadap naiknya popularitas Duterte.

Dalam kesempatan kampanye lainnya, Duterte menyebut ingin memerkosa para misionaris cantik asal Australia yang mengalami kekerasan seksual dan dibunuh pada kerusuhan di Davao 1989.

Lebih lanjut Lavina mengatakan, rencana kunjungan ke Vatikan belum dijadwalkan. Namun, yang pasti perjalanan itu akan menjadi prioritas utama Duterte setelah menjabat sebagai presiden.

Duterte akan diambil sumpahnya sebagai presiden pada 30 Juni mendatang untuk masa jabatan enam tahun.

Meskipun dibesarkan sebagai seorang Katolik, Duterte secara terbuka mengaku dirinya adalah ayah dari empat anak dari empat wanita yang berbeda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com