Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tahun Menyusupi ISIS, Mata-mata Perempuan Rusia Dieksekusi

Kompas.com - 11/05/2016, 22:14 WIB

BAGHDAD, KOMPAS.com — Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) menyatakan, mereka mengeksekusi seorang mata-mata perempuan Rusia yang telah empat tahun menyusup ke dalam organisasi itu.

Elvira Karaeva, nama mata-mata itu, dikabarkan menginfiltrasi sebuah kantong ISIS di wilayah Kaukasus, Rusia, dan selama beberapa tahun membocorkan berbagai rahasia organisasi itu.

Informasi yang dibocorkan Elvira sejauh ini telah mengakibatkan tujuh anggota senior ISIS tewas.

Elvira dikabarkan memberikan informasi berupa identitas para anggota ISIS, rumah persembunyian mereka, dan beberapa basis militer kepada dinas intelijen Rusia.

Penangkapan dan eksekusi Elvira dilaporkan dalam blog ISIS berbahasa Rusia, "Istok". Di dalam blog itu disebutkan, Elvira dianggap terbukti telah menjadi agen mata-mata untuk Moskwa.

"Karena perbuatannya dan hubungan dekatnya dengan FSB (dinas rahasia Rusia), banyak saudara dan saudari kami yang tewas," demikian tulisan dalam blog itu.

Elvira Karaeva, yang identitas dan kabar eksekusinya tak dikonfirmasi Moskwa, dikabarkan tertangkap setelah mengaku telah bekerja untuk intelijen Rusia.

ISIS juga menuduh Elvira membunuh suaminya, Abu Muslim, dengan cara meracuni pria tersebut.

Artikel dalam blog Istok berisi klaim bahwa Elvira Karaeva bertanggung jawab atas kematian sejumlah anggota ISIS di Rusia, yaitu Shakhbiev Adam, Abu Muslim, Amriev Artur, Gochiaev Biaslan, Totorkulov Temurlan, Dlugoborskiy Valentin, dan Urusova Marina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com