Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesir Buka Pintu Perbatasan Rafah, 30.000 Warga Gaza Ajukan Izin Lintas

Kompas.com - 11/05/2016, 16:32 WIB

RAFAH, KOMPAS.com - Kelompok militan Hamas menyebutkan Mesir telah membuka kembali pintu perbatasan di Jalur Gaza. Pembukaan ini merupakan yang pertama sejak tiga bulan terakhir. 

Pintu perlintasan di Rafah adalah gerbang utama dari Gaza menuju "dunia luar".

Seperti diberitakan Associated Press, Rabu (11/5/2016), pembukaan sementara gerbang tersebut berlaku hari Rabu dan Kamis.

Hamas, sebagai kelompok yang menguasai Gaza menyebut, 30.000 sudah mengajukan aplikasi untuk melakukan perjalanan dengan baragam alasan, termasuk terkait hal kemanusiaan.

Menteri Dalam Negeri Hamas lalu meminta kepada Pemerintah Mesir untuk memperpanjang periode pembukaan gerbang perbatasan. Hal itu diperlukan untuk memenuhi kebutuhan perjalanan dari 30.000 orang tersebut.

Sebelumnya Mesir menerapkan pembatasan ketat di kawasan itu sejak tahun 2013. Hal itu terjadi ketika hubungan dengan Hamas memburuk, menyusul penggulingan Presiden Mesir Mohammed Morsi.

Baca: Israel Lakukan Penutupan Dua Hari di Jalur Gaza dan Tepi Barat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com