Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Gaya Hidup dan Simbol Kemakmuran Hillary dan Trump

Kompas.com - 10/05/2016, 10:06 WIB
Pascal S Bin Saju

Penulis

Sumber AP/VOA

WASHINGTON, KOMPAS.com — Hampir dapat dipastikan, Hillary Clinton dari Partai Demokrat akan beradu dengan Donald Trump dari kubu Republik pada Pilpres AS, 8 November mendatang.

Di tengah hiruk pikuk kampanye menjelang Pilpres AS itu, banyak orang yang juga memiliki rasa ingin tahu yang tinggi tentang gaya hidup dan kekayaan mereka.

Bagaimana Hillary dan Trump mendapatkan kekayaan mereka, dan seperti gaya hidup yang mereka jalani.

Hillary dan suaminya, mantan Presiden Bill Clinton, meninggalkan Gedung Putih tahun 2000. Periode itu digambarkan Hillary sebagai masa kebangkrutan finansial.

Pasangan Clinton memiliki tunggakan gugatan hukum dan pembayaran lainnya berkisar antara 2 juta dollar AS atau setara Rp 26,7 miliar (kurs Rp 13,335) hingga hampir 11 juta dollar.

Namun,  hanya dalam setahun, menurut catatan pajak dan dokumen pengungkapan lainnya, mereka dapat melunasi semua utangnya dan berpenghasilan hampir 12 juta dollar.

Hal itu merupakan awal dari pendapatan yang membuat pasangan Clinton lebih makmur lagi, lebih dari 200 juta dalam 15 tahun dan hampir 140 juta dollar sejak 2007.

Pasangan Clinton memanfaatkan pengaruh dalam layanan publik, status selebriti, penulisan buku, dan konsultasi.

Sejumlah pidato berhonor tinggi juga membawa mereka ke seluruh negeri dan dunia atas nama korporasi, yayasan, kelompok perdagangan, dan bahkan beberapa pemerintah asing.

Bill Clinton menggabungkan penampilan pribadi dan konsultasi dengan pekerjaannya mempromosikan badan amal global keluarga tersebut, Clinton Foundation.

Hillary mencalonkan diri sebagai presiden tahun 2008, namun kalah dari Barack Obama. Ia lalu menjadi menteri luar negeri selama empat tahun.

Hillyar bergabung dengan suaminya dalam Clinton Foundation dan menyampaikan ceramah, menghasilkan 22 juta dollar dalam tiga tahun.

Kekayaan pasangan Clinton memungkinkan mereka menjalani kehidupan yang glamor.

Pasangan itu memiliki rumah-rumah bagus di pinggiran New York dan di ibukota negara, di Washington DC.

Mereka memiliki reksa dana bernilai antara 5 juta dan 25 juta dollar. Mereka rutin mengunjungi resor-resor di Karibia dan pinggiran pantai Hamptons, kawasan eksklusif di New York.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com