Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koalisi AS Bunuh Pemimpin ISIS di Anbar, Irak

Kompas.com - 10/05/2016, 09:19 WIB

BAGHDAD, KOMPAS.com – Salah seorang pemimpin kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) di Provinsi Anbar, Irak, tewas akibat serangan udara pasukan koalisi.

Departemen Pertahanan Amerika Serikat mengatakan hal itu pada Senin (9/5/2016). Pemimpin ISIS dimaksud adalah Abu Waheeb, yang sebelumny adalah anggota Al Qaeda di Irak.

Pentagon mengklaim Abu Waheeb tengah bepergian menggunakan sebuah kendaraan di sebuah kota dekat Rutba, Provinsi Abar, ketika serangan koalisi AS dilakukan.

Selain Waheeb, ada tiga anggota milisi lainnya yang tewas dalam serangan udara AS itu.

“Akhir-akhir ini berbahaya menjadi pemimpin ISIL di Irak dan Suriah,” kata juru bicara Pentagon, Peter Cook, merujuk nama lain kelompok ISIS.

Cook mengatakan, Waheeb adalah pemimpin militer bagi kelompok ISIS di Provinsi Anbar.

Waheeb lahir pada 1986 dan mengenyam pendidikan ilmu komputer. Ia kerap digambarkan dalam situs-situs pemantau sebagai tokoh yang naik daun di dalam lingkungan ISIS.

Menurut Cook, Wahee pernah ditangkap oleh pasukan AS di Irak dan divonis hukuman mati, namun lolos dari penjara pada 2012.

Setahun kemudian, nama Waheeb menjadi terkenal setelah membunuh sekelompok sopir truk asal Suriah yang sedang melintasi Irak.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com