Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kim Jong Un Ditetapkan Jadi Ketua Partai Berkuasa

Kompas.com - 09/05/2016, 23:09 WIB

PYONGYANG, KOMPAS.com - Kongres Partai Pekerja yang berkuasa di Korea Utara berakhir, Senin (9/5/2016), dan ditutup dengan penobatan Kim Jong Un sebagai ketua partai.

Ribuan delegasi bertepuk tangan dan bersorak sorai ketika kepala negara Korea Utara, Kim Yong Nam mengumumkan jabatan baru Kim Jong Un yang akan menegaskan posisinya sebagai pemimpin tertinggi negeri itu.

Selain menetapkan Kim Jong Un sebagai pemimpin partai, kongres juga secara resmi menyepakati konsep "byungjin" yaitu mendorong pengembangan teknologi nuklir dan perekonomian negeri itu.

"Posisi baru Kim Jong Un semakin memperjelas bahwa pertemuan partai ini sekadar digunakan untuk meneguhkan legitimasinya sebagai pemimpin baru," kata Koh Young Hwan, mantan diplomat Korea Utara yang membelot ke Selatan pada 1991.

Kongres pertama dalam 36 tahun  itu juga dihadiri 130 jurnalis dari berbagai negara meski akses mereka untuk meliput ajang ini baru dibuka pada hari terakhir.

Rangkaian kongres partai ini juga diwarnai pengusiran wartawan BBC Rupert Wingfield-Hayes karena dianggap mengecam sistem pemerintahan dan kepemimpinan negeri itu dalam tulisan-tulisannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com