Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jika Berhenti Merokok, Perempuan Hamil di Perancis Dijanjikan Uang Rp 4,5 Juta

Kompas.com - 09/05/2016, 16:27 WIB

PARIS, KOMPAS.com - Sejumlah rumah sakit di Perancis menawarkan sejumlah uang untuk para perempuan hamil jika mereka menghentikan kebiasaan merokok.

Para calon ibu yang berkomitmen untuk berhenti merokok akan diberi voucer bernilai 20 euro atau sekitar Rp 300.000 dengan kesempatan mendapat uang hingga 300 euro atau sekitar Rp 4,5 juta jika mereka tak merokok lagi.

Tawaran ini adalah bagian dari sebuah penelitian yang menguji dampak insentif finansial terhadap kebiasaan merokok.

Studi yang digelar oleh jaringan rumah sakit pemerintah di Paris bekerja sama dengan Intsitut Kanker Nasionak, akan menguji apakah tawaran uang bagi perempuan hamil perokok mampu meyakinkan mereka agar menjauhi tembakau selama masa kehamilan.

Perempuan hamil yang berusia di atas 18 tahun dengan usia kehamilan kurang dari empat bulan bisa ambil bagian dalam studi ini. Syarat lain adalah para perempuan mengisap lebih dari lima batang rokok dalam sehari.

Selama terlibat dalam penelitian itu, peserta dilarang mengisap rokok, rokok elektronik atau produk tembakau lainnya dan mereka harus mengumpulkan hasil tes kesehatan secara rutin.

Berdasarkan data 2015 menunjukkan, satu dari lima perempuan Perancis tetap merokok selama masa kehamilan. Bahkan, Menteri Kesehatan  Marisol Touraine mengatakan, Perancis adalah negeri dengan  perempuan hamil perokok terbanyak di Eropa.

Padahal, merokok selama masa kehamilan dapat mengurangi pasokan oksigen ke janin yang meningkatkan kemungkinan kematian janin, kelahiran prematur dan bayi lahir dengan bobot di bawah normal. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com