Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Tentara NATO Tewas di Afganistan

Kompas.com - 08/05/2016, 11:17 WIB

KABUL, KOMPAS.com -  Koalisi militer yang dipimpin Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) mengatakan, dua tentaranya tewas Sabtu (7/5/2016) di Afganistan selatan.

Pelaku penembakan adalah dua orang yang mengenakan seragam pasukan setempat. Tembakan diarahkan ke sebuah kompleks militer.

Pernyataan misi internasional di Kabul mengatakan, para anggotanya membalas tembakan dan menewaskan para pelakunya, seperti dilaporkan VOA Indonesia, Minggu (8/5/2016)..

Para pejabat Afganistan dan koalisi dilaporkan telah memulai penyelidikan atas insiden itu. Namun, mereka tidak merincinya dan tidak mengungkap kewarganegaraan kedua tentara korban tewas itu.

Misi non-tempur NATO terdiri dari sekitar 13,000 tentara. Mefreka kebanyakan warga AS dan telah melatih Pasukan Pertahanan dan Keamanan Nasional Afganistan (ANDSF), sejak Januari 2015.

Sementara itu, kantor berita Associated Press mengutip Kementerian Pertahanan Rumania mengatakan, dua tentaranya tewas dan seorang lainnya cedera ketika sedang melatih tentara Afganistan di dekat kota, Kandahar, Sabtu pagi.

Laki-laki yang cedera itu dalam kondisi stabil dan akan dipindahkan ke Jerman untuk mendapatkan perawatan, kata Kementerian itu.

Namun, kementerian juga menambahkan, ada 631 tentara Romania yang berdinas di Afganistan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com