Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Transgender Melahirkan Bayi Perempuan

Kompas.com - 06/05/2016, 18:28 WIB
Pascal S Bin Saju

Penulis

REYKJAVIK, KOMPAS.com – Seorang pria transgender telah melahirkan seorang bayi perempuan. Ia mengetahui dirinya hamil tak lama setelah mulai hidup sebagai laki-laki. Sebelumnya ia memang seorang perempuan.

Pria transgender itu bernama Henry Steinn (19), warga Islandia. Media khusus komunitas gay Islandia, Gay Iceland, Kamis (5/5/2016), melaporkan, ia melahirkan lewat bedah sesar, 13 April lalu.  

Steinn mengaku, ia menemukan dirinya hamil hanya beberapa minggu sebelum ia mendapat terapi hormon testosteron atau sesaat setelah mulai menjalani hidup sebagai laki-laki.

“Saya menyayanginya. Saya dari keluarga besar dengan banyak bayi. Anak saya ini adalah cucu ke-10 ibuku dan seingat saya, saya ingin punya anak,” kata Steinn tentang bayinya dan peran barunya sebagai ayah.

Namun, peran keayahan Steinn jelas mengalami sedikit berbeda dari kebanyakan orang lain.

“Saya harus diinduksi. Lalu harus berada 26 jam di labor sebelum saya dibedah sesar. Pada akhirnya saya juga lelah, tapi semua berjalan baik dan kami berdua menjalaninya dengan baik,” katanya.

Steinn mengaku mencintai peran barunya sebagai ayah. Namun, ia mengatakan akan menyusui bayinya sampai pada akhirnya merasa sudah cukup.

Pria transgender itu mengatakan, ia sebenarnya sudah melakukan konsultasi dengan baik dan mulai menjalani hidup sebagai seorang pria.

Setelah pelayanan hormon testosteron telah berjalan satu atau dua bulan, ia mendapati dirinya sudah hamil.

Kepada Pink News, Steinn sempat mengatakan, bahwa ketika mengetahui dirinya hamil ia mengalami ‘sedikit syok’ ketika ia mulai curiga dan mengetahui dirinya hamil.

Namun, kemudian ia menguba pikirannya dan melibat kehamilan itu sebagai ‘sebuah kesempatan untuk memiliki bayi sendiri’.

Meskipun situasi itu tidak biasa, petugas kesehatan sangat bersimpati dan ia mengalami beberapa masalah. Kini Steinn mulai terbiasa menjalani peran barunya sebagai ayah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com