Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kadar Polusi Membaik, Larangan Berkendara di Mexico City Dicabut

Kompas.com - 06/05/2016, 08:00 WIB

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Kondisi polusi udara di Mexico City dilaporkan sedikit mambaik dengan berhembusnya angin yang menyapu kabut asap di kota itu.

PemerintahMexico City, Kamis (5/5/2016), lalu mencabut larangan berkendara terkait peringatan dampak polusi yang ditetapkan sejak tiga hari terakhir.

Sebelumnya, hampir separuh dari jumlah kendaraan yang mencapai 5,5 juta di kota itu, dilarang tidak turun ke jalan, karena semakin buruknya kondisi udara akibat polusi.

Pembatasan terhadap sekitar 40 persen kendaraan tersebut berakhir, karena ada hembusan angin yang mulai menyingkirkan kabut asap dan mulai terjadi peningkatan kualitas udara.

Demikian diungkapkan pihak Departemen Lingkungan Kota setempat, seperti dikutip dari Kantor Berita AFP, Jumat (6/5/2016).

Sebelumnya, kebijakan ini menjadi yang kedua kalinya setelah bulan lalu pemerintah menyatakan tingginya polusi udara sudah melewati ambang batas. 

Pihak kamar dagang dan industri pariwisata Mexico City mengungkapkan, pembatasan kendaraan akibat polusi udara yang dilakukan sejak April juga mengakibatkan kerugian besar bagi warga dari sisi perekonomian.

Sebelumnya, kabut asap yang melanda kota dengan penghuni mencapai 20 juta jiwa itu mendorong pemerintah untuk mengeluarkan peringatan pertama kali dalam satu dekade terakhir, yang membatasi jumlah kendaraan di jalan hingga Juni mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com