Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Turki Umumkan Pengunduran Dirinya

Kompas.com - 05/05/2016, 20:42 WIB

ANKARA, KOMPAS.com — Perdana Menteri Turki Ahmet Davutoglu, Kamis (5/5/2016), secara resmi mengumumkan pengunduran diri dari jabatannya sebagai kepala pemerintahan.

Davutoglu menegaskan, dia secara resmi akan mundur dalam kongres Partai Pembangunan dan Keadilan (AKP) yang akan digelar pada 22 Mei mendatang.

"Saya memutuskan (mundur) demi keutuhan (partai), penggantian ketua akan lebih tepat. Saya juga tidak akan mencalonkan diri dalam kongres 22 Mei mendatang," ujar Davutoglu dalam pidatonya yang disiarkan televisi.

Meski mundur dari jabatan ketua, Davutoglu mengindikasikan dia tidak berencana untuk meninggalkan partai tersebut.

Dia mengatakan akan terus melanjutkan perjuangan sebagai anggota parlemen dari AKP. Selain itu, Davutoglu juga menyatakan tetap mendukung Erdogan dan menegaskan bahwa kehormatan presiden adalah kehormatannya juga.

"Saya tak memiliki kemarahan terhadap siapa pun. Siapa saja tidak akan mendengar satu kata pun dari saya atau pikiran saya tentang melawan presiden kita," lanjut dia.

Perselisihan keduanya terjadi setelah secara publik memiliki pandangan berbeda tentang cara menangani kelompok militan Kurdi di wilayah tenggara negeri itu.

Davutoglu diketahui tengah mempertimbangkan kemungkinan untuk melanjutkan kembali proses perdamaian, sementara Erdogan lebih memilih melanjutkan kampanye militer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com