Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Situasi di Aleppo Kian Panas, Repatriasi WNI Terus Dikebut

Kompas.com - 03/05/2016, 13:40 WIB
Pascal S Bin Saju

Penulis

DAMASKUS, KOMPAS.com – Kedutaan Besar RI di Damaskus, Suriah, Senin (2/5/2016), kembali memulangkan 15 warga negara atau tenaga kerja Indonesia.

Repatriasi terus dilakukan di tengah ketidakpastian perdamaian di Suriah.

Proses repatriasi pun semakin  dikebut  karena situasi kembali memanas, terutama di Aleppo, kota besar di Suriah utara.  

Dubes RI di Damaskus, Djoko Harjanto, menegaskan, repatriasi WNI ini merupakan program lanjutan dari yang telah berlangsung sejak tahun 2011.

Pemulangan dilakukan karena situasi keamanan di Suriah yang masih sangat mengkhawatirkan dan tidak mungkin kontrak kerja para TKI itu diperpanjang lagi.

Selain itu, pemulangan dilakukan “karena kebijakan pemerintah RI untuk menghentikan secara permanen pengiriman TKI untuk sektor perorangan ke seluruh Timur Tengah,” kata Djoko.

Sebanyak 15 WNI/TKI itu pulang ke Tanah Air melewati Bandara Internasional Damaskus setelah diselesaikan segala permasalahannya.

Menurut Dubes Djoko, WNI/TKI yang direpatriasi tersebut sebagian besar berasal dari Jawa Barat, sisanya berasal dari Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara Barat.

Semua permasalahan dan hak-hak mereka dengan majikan telah diselesaikan.  Repatriasi kali ini didampingi staf KBRI Damaskus,  Ahmad Kosasih Ramli.

Hingga saat ini di masih ada 18 WNI yang berada di penampungan sementara KBRI Damaskus. Mereka diduga kuat sebagai korban perdagangan manusia yang sedang diperjuangkan hak dan kepulangannya.

Sementara pejabat Protokol Konsuler sekaligus Pejabat Penerangan Sosial Budaya KRBI Damaskus, AM Sidqi, menambahkan, KBRI terus mengebut repatriasi di tengah konflik panjang di Suriah.

“Terlebih lagi karena Aleppo yang kembal memanas, KBRI Damaskus berupaya sekuat  tenaga untuk menyelamatkan dan memulangkan WNI sesegera mungkin dari Suriah,” ujar Sidqi.

Ia menambahkan,  “KBRI Damaskus memiliki kantor cabang Konsuler di Aleppo. Saat ini masih ada sembilan TKI di shelter Aleppo . Mereka semua aman.”

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com