Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Minggu Tertimbun Reruntuhan, Kakek Selamat dalam Kondisi Gagal Ginjal Kronis

Kompas.com - 02/05/2016, 17:48 WIB
Pascal S Bin Saju

Penulis

QUITO, KOMPAS.com - Seorang kakek berusia 72 tahun berhasil diselamatkan dari timbunan reruntuhan bangunan setelah 13 hari gempa mematikan melanda Ekuador.

Pria gaek bernama Manuel Varquez itu menderita gangguan ginjal dan mengalami patah kaki akibat gempa. Ia ditemukan setelah tim penyelamat mendengar suara yang datang dari bangunan runtuh.

Seperti dirilis Agence France-Presse,  Minggu (1/5/2016), melaporkan, Varquez ditemukan oleh regu penyelamat dari Venezuela pada Jumat lalu di sebuah daerah di Jaramijo, Provinsi Manabi.

Menurut Kedutaan Besar Venezuela di Quito mengatakan, setelah berhasil dikeluarkan dari reruntuhan, Varquez dibawa ke rumah sakit karena gagal ginjal kronis, dehidrasi, tampak linglung, dan mengalami gangguan saluran kemih.

Media Inggris, Metro, beberapa jari kakinya terpaksa harus diamputasi karena infeksi akibat terluka parah. Namun, Varquez ditemukan hidup itu sungguh sebuah keajaiban.

Ekuador dilanda gempa bermagnitudo 7,8 pada 16 April lalu. Sedikitnya 659 orang tewas, dan menyebabkan 29.000 orang tunawisma. Selain itu jalan dan jembatan hancur.

Ratusan regu penyelamat dan dokter dari berbagai negara datang ke Ekuador dalam proses evakuasi korban.

Presiden Rafael Correa memperkirakan butuh jutaan dollar AS untuk membangun kembali dalam jangka darurat. Setidaknya 6.600 rumah harus dibangun kembali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com