Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Doktor Taufik, Dosen Indonesia di AS Kembangkan Proyek Energi Alternatif

Kompas.com - 02/05/2016, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Doktor Taufik adalah dosen teknik elektronika di California Polytechnic State University atau Cal Poly.

Cal Poly adalah universitas dengan mahasiswa S1 teknik terbesar di California, dengan jumlah mahasiswa sebanyak 17.000 orang. 

Kampusnya terletak di antara kota Los Angeles dan San Francisco.

Namanya unik bagi orang Amerika Serikat, karena hanya terdiri dari satu nama.

Di awal masa kuliah, ia sering kali harus menjelaskan kepada siswanya bagaimana menuliskan namanya ketika mendaftar di kelasnya.

“Kalau mahasiswa saya, register di kelas saya, first name-nya bukan Taufik, tapi N-F-N, jadi ada 3 huruf, N-F-N terus Taufik, N-F-N itu singkatan, singkatan dari No First Name," ujar Taufik sambil tertawa.

"Jadi kalau hari pertama saya harus ngejelasin, jadi saya jelasin, itu kalau manggil saya jangan Nefen (NFN) ya, karena itu bukan nama saya," ujar dia.

"Nama saya Taufik, Nefen itu artinya No First Name, saya dari Indonesia, di Indonesia sangat umum sekali orang punya nama cuma satu seperti itu,” kata dia lagi.

Tak hanya dikenal karena memiliki satu nama, Doktor Taufik ini juga popular di kalangan mahasiswa karena caranya mengajar.

Menurut salah satu mahasiswa yang mengikuti kelasnya, Cassidy Aarstad, Taufik mampu menjelaskan konsep yang sulit dengan sederhana dan dapat dipahami dengan cepat.

“Kalau harus menjelaskan suatu konsep, karena mungkin saya sudah tahu konsepnya seperti apa, saya lebih memilih pendekatannya dari simple aja dulu," cetus Taufik.

"Karena saya percaya hal yang sangat complicated ya bisa dijelaskan dengan konsep-konsep yang simple atau sederhana," ujar Taufik lagi.

"Itu filosofi saya dalam mengajar. Biasanya orang kalau ngajar elektro itu top down, jadi mereka ngasih liat yang susahnya dulu," sambungnya.

"Tapi kalau saya enggak, saya bangun dari fundamental dull, dari basisnya dulu. Kita bangun satu per satu, sampai akhirnya kita memperlihatkan circuit-nya secara keseluruhan,” kata Taufik lagi.

Sejak 1999
Taufik sudah mengajar di Cal Poly sejak tahun 1999, setelah meraih gelar doctor dari Cleveland State University.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com