Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Berdaya Ledak Tinggi Guncang Kawasan Syiah, 11 Orang Tewas

Kompas.com - 26/04/2016, 20:03 WIB

BAGHDAD, KOMPAS.com – Sebuah bom berdaya ledak tinggi mengguncang kawasan yang dihuni Muslim Syiah di Baghdad timur, Irak, Senin (25/4/2016).

Aparat keamanan dan petugas medis mengatakan, akibat ledakan bom bunuh diri itu, 11 orang tewas dan 39 orang lainnya terluka.

Ledakan mematikan itu merupakan yang ketiga dalam empat hari di ibu kota Irak itu. Kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) mengklaim bertanggung jawab.

Menurut aparat, ledakan terjadi dekat sebuah gedung biskop di kawasan Baghdad al-Jadida.

ISIS juga mengklaim dua serangan terjadi hari sebelumnya di area permukiman dan komersial yang didominasi Muslim Syiah.

Ledakan terjadi selama jam sibuk pada malam hari. Setidaknya lima unit kendaraan di sebuah ruas jalan yang berada dekat dengan titik ledakan, juga gosong.

Keamanan sudah mulai pulih, namun aparat keamanan terus berpatroli dan berjaga-jaga. Kota Baghdad telah meniadi bulan-bulanan serangan bom pada dekade terakhir.

Warga sipil menjadi korban terbanyak.

Sekitar 12 orang tewas pada Sabtu (23/4/2016) dalam dua serangan bom mobil di tempat yang berbeda, yang secara khusus menyasar pasukan keamanan.

Sehari sebelumnya, sebuah masjid Muslim Syiah juga menjadi target serangan yang terjadi setelah shalat Jumat (22/4/2016). Sembilan orang tewas saat itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com