Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan Yaman Akhiri Setahun Pendudukan Al Qaeda di Mukalla

Kompas.com - 26/04/2016, 18:19 WIB

SANAA, KOMPAS.com — Pasukan Yaman yang setia kepada pemerintah dan diakui secara internasional telah merebut kembali kota pesisir selatan, Mukalla, dan mengusir anggota kelompok teroris Al Qaeda dari kawasan itu.

Selama satu tahun terakhir, pasukan teroris itu telah menguasai Mukalla. Informasi pengambilalihan Mukkala diungkap sumber resmi di militer Yaman, seperti dikutip Associated Press, Selasa (26/4/2016).

Disebutkan, pasukan Yaman memasuki kota itu pada Senin malam. Pada hari berikutnya, serangan udara pasukan koalisi di bawah pimpinan Arab Saudi menghujani wilayah itu.

Mereka bertempur untuk berpihak kepada pemerintahan di bawah pimpinan Presiden Abed Rabbo Mansour Hadi.

Serangan udara itu menyasar posisi pasukan Al Qaeda di dalam dan luar kota Mukalla.

Sebelumnya, organisasi sayap Al Qaeda di Yaman telah menguasai Mukalla sejak tahun lalu. Pendudukan Al Qaeda terjadi di tengah-tengah perang saudara yang pecah di negara itu.

Pasukan yang setia kepada pemerintah Hadi melawan pemberontak Syiah yang dikenal sebagai Houthi dan sekutunya.

Serangan untuk merebut kembali kota tersebut dimulai pada hari Sabtu. Ini merupakan operasi terbaru terhadap Al Qaeda di Yaman selatan. 

Para pejabat keamanan dan saksi mengatakan, sebelumnya, banyak dari anggota kelompok teroris di Mukalla diketahui meninggalkan kota itu. Mereka melarikan diri dari serangan udara pasukan koalisi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com