Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Punya Tiga Anak, Kakek Mantan Penasihat JF Kennedy Menikahi Pria

Kompas.com - 25/04/2016, 19:26 WIB
Pascal S Bin Saju

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com –  "Di usia 70 tahun, saya tidak membayangkan bahwa saya akan jatuh cinta dan menikah lagi. Namun, di 20 tahun terakhir saya mengukir dua kisah cinta yang besar."

Harris Wofford (90), mantan senator dari Pennsylvania, Amerika Serikat, menulis kata-kata itu di New York Times, Sabtu (23/4/2016) dan disiarkan CNN News, Senin (25/4/2016).

“Pada 3 Januari 1996, telepon berdering tepat sebelum tengah malam, mengganggu keheningan  kamar rumah sakit,” tulisnya di kolom bertajuk ‘Finding Love Again, This Time With a Man’.

“Dari samping tempat tidur istri saya, Clare, saya mengangkat gagang telepon. ‘Silakan terima dari presiden’,” kata Wofford kepada istrinya itu di New York Times (NYT).

Rupanya itu adalah panggilan telepon dari Presiden AS saat itu, Bill Clinton. Presiden pernah mendengar bahwa Clare menderita leukemia akut dan mulai melemah.

“Dia mendengarkan (suara Presiden Clinton, Red) dan tersenyum tapi terlalu lemah untuk berbicara,” demikian Wofford menulis untuk mengenang Clare.

“Beberapa jam kemudian, saya menggenggam erat tangannya begitu ia meninggal. Selama 48 tahun menikah, kami telah menghabiskan hidup bersama-sama,” tulis Wofford lagi.

“Bagi tiga anak kami dan saya, Clare merupakan jantung keluarga kami,” tulisnya lagi.

“Ketika saya mengatakan ‘kepadanya, ‘Kau sahabatk’, dia menjawab, ‘dan pengkritik terbaikmu’. Dan ketika saya berkata, ‘Engkau pengkritik terbaikku’, dia menjawab, ‘dan teman terbaikmu’,” tulis Wofford mengenang Clare.

Kini, 20 tahun setelah istrinya meninggal, Wofford mengumumkan untuk menikahi kekasihnya yang baru. Namun, kali ini dengan pria yang terpaut 50 tahun darinya, yakni  Matthew Charlton.

Wofford dan Charlton bertemu pertama kali di Florida pada tahun 2001, lima tahun setelah Clare meninggal, atau 15 tahun silam. Saat itu Wofford berusia 75 tahun dan Charlton 25 tahun.

“Saya berasumsi bahwa saya terlalu tua untuk mencari atau mengharapkan kisah cintah yang lain. Namun, lima tahun kemudian, berdiri di pantai di Fort Lauderdale, Florida, saya merasakan saat-saat kreatif dan tidak ingin melewatkannya,” tulis Wofford tentang pertemuannya dengan Charlton.

Wofford merasa sangat beruntung karena ia bisa menikahi Charlton setelah Mahkamah Agung AS mengesahkan pernikahan sesama jenis. 

“Saya pernah menjalani perkawinan setengah abad dengan wanita yang luar biasa. Kini pun saya beruntung untuk kedua kalinya menemukan kebahagiaan,” tulisnya.

Pada aline terakhir tulisannya di NYT, Wofford mengatakan, “Semuanya ini ada di dalam benak saya, saat Matthew dan saya mempersiapkan diri untuk upacara pernikahan kami.”

Di alinea yang sama, ia menulis sebagai kalimat penutup, “Pada 30 April ini, di usia 90 dan 40, kami akan bergandengan tangan, bersumpah untuk terikat bersama-sama: untuk memiliki dan menjaga,  dalam untung dan malang,  saat kaya atau miskin, sakit atau sehat, untuk mencintai dan menghargai, sampai maut memisahkan kami”.

Wofford pernah menjadi penasihat Presiden AS ke-35, John F Kennedy, dan juga penasihat tokoh pejuang hak-hal sipil AS, Martin Luther King.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com