Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Bebaskan Tahanan Palestina Berusia 12 Tahun

Kompas.com - 25/04/2016, 07:30 WIB

RAMALLAH, KOMPAS.com - Pemerintah Israel membebaskan seorang remaja perempuan Palestina, Dima al-Wami (12), Minggu (24/4/2016), setelah dua bulan ditahan karena dituduh terlibat dalam aksi penikaman.

Dima diserahkan kepada pemerintah Palestina di pintu perbatasan Tulkarem dan Tepi Barat. Demikian dikabarkan seorang fotografer AFP.

Dari pintu perbatasan Tulkarem, Dima kemudian akan dibawa menuju ke kediaman keluarganya di kota Hebron, di wilayah selatan Tepi Barat.

Pada 9 Februari lalu, Dima ditahan aparat keamanan Israel, saat masih mengenakan seragam sekolah, di sebuah pintu masuk ke permukiman Yahudi di Tepi Barat. Saat ditangkap, polisi menemukan Dima membawa sebilah pisau.

Di bawah kesepakatan dengan jaksa militer Israel, Dima mengaku bersalah dalam dakwaan percobaan pembunuhan dan kepemilikan pisau.

Pengadilan kemudian menjatuhkan hukuman kurungan selama empat bulan untuk Dima dan enam pekan hukuman percobaan.

"Dia adalah warga Palestina termuda yang pernah ditahan Israel," kata kuasa hukum Dima, Tariq Barghouth lewat akun Facebook-nya.

Barghouth mengatakan, tim kuasa hukum Dima telah meminta pengadilan militer Israel untuk lebih awal membebaskan Dima. Permohonan tim kuasa hukum Dima itu disetujui pengadilan militer Israel.

Menurut undang-undang militer Israel, anak-anak dengan usia minimal 12 tahun sudah bisa dijerat dakwaan hukum.

Aturan ini berbeda dengan yang diterapkan di berbagai negada di dunia tak bisa mendakwa anak-anak di bawah umur.

Saat ini pemerintah Israel menahan sekitar 450 orang anak-anak Palestina dan sekitar 100 di antara mereka berusia di bawah 16 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com