Jet F-16 AU Norwegia Tak Sengaja Tembaki Menara Pengawas - Kompas.com

Jet F-16 AU Norwegia Tak Sengaja Tembaki Menara Pengawas

Kompas.com - 25/04/2016, 06:30 WIB
planespotters.net Sebuah F-16 milik AU Norwegia.

OSLO, KOMPAS.com - Sebuah jet tempur F-16 milik AU Norwegia yang sedang berlatih, tanpa sengaja menembaki sebuah menara pengawas dengan tiga perwira di dalamnya.

Militer Norwegia, Minggu (24/4/2016) dalam keterangan resminya menyatakan ketiga perwira itu lolos dari maut tanpa luka sedikitpun.

Jet F-16 itu sedang terlibat dalam sebuah latihan di Pulau Tarva yang tak berpenghuni di pesisir barat Norwegia. Dalam latihan ini, kedua jet itu diperintahkan menyerang pulau kosong tersebut.

Saat itulah, salah satu jet tempur itu melepaskan tembakan dengan menggunakan senjata otomatis M61 Vulcan yang mampu memuntahkan 100 butir peluru per detik.

Sebagian peluru yang dilepaskan jet tempur itu mengenai sebuah menara pengawas yang beruntung tak mengakibatkan jatuh korban jiwa.

"Sebuah investigasi sedang dilakukan," kata juru bicara militer Norwegia, Kapten Brynjar Stordal tentag insiden dalam latihan yang berlangsung pada 12 April lalu.

Hal serupa pernah terjadi pada 2009, ketika sebuah jet tempur F-16s melakukan kesalahan dan menembak menara yang sama. Insiden ini juga tak menimbulkan korban.

EditorErvan Hardoko
SumberAFP,
Komentar

Close Ads X