Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terumbu Karang Raksasa Sepanjang 965,4 Km Ditemukan di Muara Amazon

Kompas.com - 23/04/2016, 23:21 WIB

BRASILIA, KOMPAS.com — Sebuah terumbu karang raksasa sepanjang 600 mil atau setara 965,4 km dengan mengandung 73 spesies ikan ditemukan di muara Sungai Amazon.

Terumbu karang seluas 3.600 mil persegi atau sekitar 5.792 kilometer persegi itu di temukan di bawah lumpur muara Sungai Amazon. Ia memanjang dari Guyana-Perancis hingga Negara Bagian Maranhão, Brasil.

Sistem terumbu karang raksasa itu ditemukan berada di bawah lumpur di muara Sungai Amazon.

Namun, seperti dilaporkan Daily Mirror, Sabtu (23/4/2016), terumbu karang itu kini terancam eksplorasi minyak di sekitarnya.

Para ilmuwan amat terpukau dan terkejut menemukan terumbu karang yang terbenam di kedalaman 30-120 meter di bawah permukaan air.

Penemuan itu dipublikasikan di jurnal The Science Advaces. Di dalam terumbu karang raksasa itu terdapat lebih dari 60 spesies bunga karang serta menjadi tempat berkeliaran 73 jenis ikan dan makhluk karang lainnya.

Sebenarnya, Amazon sangat miskin dengan terumbu karang. Penemuan itu justru menjadi bukti sebuah kesenjangan sistem terumbu karang di area pertemuan air tawar dan air laut.

Penemuan ini membuat Patricia Yager, seorang profesor oseanografi dan perubahan iklim di University of Georgia, terkejut, seperti diungkapnya kepada The Atlantic.

Dia mengatakan, “Saya terperangah, begitu juga dengan 30 ahli kelautan lainnya.”

“Secara tradisional, pemahaman kita tentang terumbu karang telah difokuskan pada terumbu karang dangkal di daerah tropis yang wilayah pelabuhannya memiliki keanekaragaman hayati,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com