Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terungkap, Jalur Narkoba Bawah Tanah Terbesar yang Hubungkan AS-Meksiko

Kompas.com - 21/04/2016, 17:34 WIB

SAN DIEGO, KOMPAS.com - Sebuah terowongan bawah tanah terbesar yang dipakai untuk penyelundupan narkoba antara Meksiko dan Amerika Serikat ditemukan di perbatasan San Diego dan Tijuana.

Aparat Kepolisian San Diego mengungkapkan, jalur "rahasia" sepanjang 800 meter ini digunakan untuk pengiriman kokain dan ganja. 

Seperti diberitakan BBC, Kamis (21/4/2016), terungkapnya gorong-gorong ini merupakan penemuan besar yang ke-13 kali di perbatasan tersebut sejak tahun 2006.

Keberadaan jalur bawah tanah sedalam 14 meter ini terbilang mengagumkan. The Los Angeles Times menyebut, gorong-gorong tersebut memiliki saluran udara dan penerangan listrik. 

Sementara itu, di sisi Tijuana, saluran bawah tanah itu dihubungkan dengan sebuah elevator ke dalam sebuah rumah. 

"Ini benar-benar lubang 'kelinci'," kata kata Jaksa Distrik Selatan California Laura Duffy.

Duffy menjelaskan, lubang itu tersembunyi di bawah trailer sampah, di mana para penyelundup mengiriman obat-obat terlarang. 

"Mereka menaruh narkoba itu di trailer sampah itu, dan kemudian truk itu dibawa ke tempat lain, sebelum mereka mengambil paketnya," kata Duffy.

Petugas penyelidik federal mengikuti truk sampah yang bergerak dari San Diego. Dalam perjalanan sejauh 40 kilometer ke wilayah perbatasan sebelah utara, terlihat truk itu melakukan bongkar muat ke sebuah minibus. 

Petugas dari San Diego County kemudian menghentikan kendaraan itu, dan mengamankan barang terlarang yang mereka bawa. Dalam kejadian ini, tiga orang ditangkap. 

Selanjutnya, kata Duffy, aparat federal melanjutkan penyelidikan dan menemukan saluran bawah tanah dengan barang bukti ganja. Tiga orang pun ditangkap dalam penindakan ini. 

Dalam penyergapan ini didapatkan 1,016 kilogram kokain, dan 6,350 kilogram ganja.

"Angka itu merupakan angka penyitaan kokain terbesar yang pernah ditangkap melalui jalur terowongan di perbatasan," kata Duffy.

Pada Maret lalu, aparat setempat pun telah mengungkap lorong sepanjang 380 meter, yang menghubungkan sebuah restoran di Meksiko ke sebuah rumah di California.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com