Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Mulai Menyelidiki Skandal “Panama Papers”

Kompas.com - 21/04/2016, 07:51 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com – Kementerian Kehakiman Amerika Serikat membuka penyelidikan pidana skema penghindaran pajak yang diungkapkan “Panama Papers”.

Jaksa Amerika untuk Manhattan, Preet Bharara, mengumumkannya lewat sebuah surat ke lembaga jurnalistik investigasi, Konsorsium Jurnalis Ivestigatif Internasional (ICIJ), Rabu (20/4/2016).

Kelompok wartawan itu bekerja dengan sejumlah media di dunia untuk melaporkan bocoran dokumen dari perusahaan hukum Panama, Mossack Foncesa.

Surat tersebut meminta bantuan ICIJ. Dalam surat itu, Bharara menyatakan Kantor Jaksa AS untuk Southern District, New York, memulai penyelidikan kriminal berbagai masalah terkait “Panama Papers”.

“Kantor jaksa akan sangat menghargai kesempatan untuk berbicara sesegera mungkin dengan pegawai atau wakil ICIJ manapun yang terlibat dalam projek ‘Panama Papers’ untuk membicarakan masalah ini lebih lanjut,” katanya.

Surat tersebut tidak memberikan informasi tentang subyek penyelidikan dan bukan merupakan surat yang dapat memaksa ICIJ untuk memberikan 11,5 juta dokumen bocoran.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com