Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangan Udara Suriah Hantam 2 Pasar, 44 Tewas

Kompas.com - 19/04/2016, 23:01 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.com - Sebuah serangan udara yang diduga dilakukan pemerintah Suriah, Selasa (19/4/2016), menghantam dua buah pasar di wilayah barat laut Suriah yang dikuasai kelompok Front Al-Nusra.

Organisasi Pemantau HAM Suriah (SOHR) menyebut serangan terhadap sebuah pasar sayuran di Maaret al-Numan yang menewaskan 37 orang dan tujuh orang lainnua di pasar ikan kota Kafranbel sebagai sebuah pembantaian.

Kedua kota yang terletak di provinsi Idlib itu hanya terpisah dengan jarak sekitar 10 kilometer.

Provinsi ini dikuasai kelompok Front Al-Nusra yang berkiblat ke Al-Qaeda, yang seperti halnya ISIS, tidak disertakan dalam kesepakatan gencatan senjata antara pemerintah Suriah dan kelompok pemberontak lainnya.

Sementara itu di wilayah lain Suriah korban tewas terus berjatuhan termasuk tiga orang anak-anak yang tewas akibat serangan ISIS terhadap desa Kafraya yang dikuasai pasukan pemerintah.

Di provinsi Damaskus, setidaknya tujuh orang tewas dan 10 lainnya terluka dalam seralan di kota Bala yang merupakan basis pemberontak di wilayah Ghouta Timur.

Pertempuran juga terus berlangsung di provinsi Latakia yang merupakan basis pendukung Presiden Bashar al-Assad, setelah sebuah kelompok bersenjata oposisi melakukan aliansi dan menggelar serangan bersama terhadap pasukan pemerintah.

Gencatan senjata yang disepakati antara AS dan Rusia serta berlaku efektif pada Februari lalu tidak berlaku di daerah-daerah yang dikuasai Al-Nusra dan ISIS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com