Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktivis Greenpeace Aksi Panjat Patung Nelson di Kota London

Kompas.com - 18/04/2016, 19:40 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Sejumlah anggota kelompok pecinta lingkungan Greenpeace menggelar aksi serentak di sejumlah titik di Kota London, Senin (18/4/2016). Mereka memanjat patung Nelson yang berdiri di pusat Kota London, Inggris.

Tindakan yang melanggar aturan keamanan di Inggris ini dilakukan untuk menekankan soal tingkat polusi udara yang kian berbahaya.

Dua pemanjat, Alison Garrigan (29) dan Luke Jones (30), mulai menaiki tempat terkenal setinggi 52 meter yang berdiri di pusat Kota London tersebut pada pukul 4 pagi.

Kelompok tersebut mengungkapkan rencana untuk memasang masker pernafasan di 17 patung yang ada di seputar London hari ini.

Saat berbicara dalam siaran stasiun radio LBC dari puncak patung, Garrigan mengakui dia takut ketinggian.

Sejauh ini, empat orang telah ditangkap akibat aksi tersebut. Polisi mengatakan keempat orang ditangkap terkait unjuk rasa di patung Oliver Cromwell, di halaman Houses of Parliament.

Laman BBC Indonesia, Senin (18/4/2016), menyebutkan dua aktivis lain sempat memanjat pagar dan wajah patung Oliver Cromwell.

Aparat keamanan di London dikerahkan ke lokasi aksi di Trafalgar Square, dan juga menutup daerah di sekitar Nelson's Column menyusul peristiwa ini.

Greenpeace menuntut pemerintah setempat untuk memusatkan perhatian pada sarana perhubungan ramah lingkungan, mendorong kendaraan listrik, dan menciptakan wilayah ramah lingkungan di sekitar sekolah dan rumah sakit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com