Terlahir Tanpa Tangan, Remaja Ini Mampu Mainkan Piano dengan Apik - Kompas.com

Terlahir Tanpa Tangan, Remaja Ini Mampu Mainkan Piano dengan Apik

Kompas.com - 18/04/2016, 13:24 WIB
REPRO BIDIK LAYAR via YOUTUBE .

KAZAN, KOMPAS.com — Remaja berusia 15 tahun ini bernama Alexei Romanov. Dia terlahir tanpa tangan. Namun, dia mampu melakukan hal yang melebihi bayangan banyak orang.

Remaja asal Zelenodolsk, Republik Tatarstan, sekitar 800 kilometer sebelah timur Moskwa ini, pertama kali mengenal musik pada dua tahun silam.

Hal itu berawal ketika dia mendengar musik Mozart, Vivaldi, dan sejumlah komposer musik klasik lainnya. Lalu, dia mendorong dirinya sendiri untuk belajar musik.

Di sekolah, guru musiknya pun lalu mendukung keinginan Alex dan mulai bekerja sama dengan dia.

Wanita itu menolong Alex untuk belajar memainkan melodi dari musik di film-film populer macam Twilight dan Titanic.

Selanjutnya, keinginannya yang besar juga mendapat dukungan tak hanya dari sang guru, tetapi juga dari dua temannya. 

"Saya ditolong juga oleh dua teman wanita saya. Mereka itu mengajari saya tentang dasar bermusik dan bagaimana membaca not balok. Mereka sangat menolong," kata Alex, seperti dikutip laman UPI.com.

"Mereka terus membantu saya. Mereka mengirimkan partitur yang bisa saya pelajari dan jika saya suka, saya lalu mendalaminya," kata Alex. 

Sukses pertama

Romanov, yang menempuh pendidikan di ibu kota Tatarstan, Kazan, belum lama diadopsi. Sekolah di Kazan dikhususkan bagi anak berkebutuhan khusus dan memiliki kendala motorik.

Orangtua Alex, Vladimir dan Luisa Levachkovye, dengan cepat menyadari ketertarikan Alex terhadap seni, lalu membelikan dia sebuah synthesizer (instrumen musik elektrik).

Saat ini, Alex sudah ambil bagian dalam sebuah kompetisi musikal dan keluar sebagai juara. 

Hal itu terjadi setelah dia tampil di atas penggung kecil bersama the La Primavera Chamber Orchestra pada pertengahan Februari lalu, yang kemudian mengundang dia bergabung di sekolah musik. 

Kepala konduktor mengundang Alex untuk ikut dalam sebuah proyek televisi Guests from Tomorrow. Dalam acara ini, Alex memainkan "River Flows in You", sebuah komposisi karya musikus Korea Selatan, Lee Ru-ma, yang menjadi soundtrack film Twilight.

Seusai penampilan itu, musisi belia ini lalu kian mendapat perhatian besar dari publik. "Selama konser bersama orkestra, saya gemetar. Saya bahkan tak dapat mengingat apa yang terjadi," kata Alex. 

"Namun, tak ada yang bisa saya lakukan selain naik ke panggung dan duduk di depan piano untuk kemudian memainkannya. Sungguh saya merasa gematar sebelum saya menyadari saya melakukan dengan baik," kata dia.

"Melodi-melodi itu mengalir dan perlahan membuat saya menjadi tenang," tutur Alex.

 

EditorGlori K. Wadrianto
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM